Penulis Utama : Muhjam Kamza
NIM / NIP : S861402030
×

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL BERBASIS PROBLEM SOLVINGOUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS SYIAH KUALA

 

Muhjam Kamza, Sunardi, Sariyatun

Magister Pendidikan Sejarah Program PASCASARJANA UNS

muhjam.kamza@gmail.com

 

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah lokal yang diterapkan di program studi pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala, (2) mendeskripsikan proses pengembangan model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning guna memperoleh pembelajaran yang lebih valid, efisien, praktis dan efektif dalam kegiatan pembelajaran di program studi pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala, (3) menganalisis efektifitas model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning  dalam meningkatakan kreativitas dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Syiah Kuala.

            Penelitian ini mengacu kepada prosedur R&D yang diawali dengan studi pendahuluan, uji kelayakan produk, dan uji efektivitas produk. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket kreativitas belajar dan tes prestasi belajar sejarah lokal (Sejarah Aceh I). Uji coba instrumen angket meliputi uji  validitas dan reliabilitas. Uji coba instrumen tes meliputi tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Uji keseimbangan menggunakan uji rerata t, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran sejarah lokal yang diterapkan di program studi pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala selama ini bersifat berpusat kepada dosen (teacher center), (2) pengembangan model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning  dilakukan sesuai dengan prosedur R&D yang diawali dengan studi pendahuluan, uji kelayakan produk, dan uji efektivitas produk, (3) efektifitas model pembelajaran berbasis problem solvingoutdoor learning membawa dampak yang positif dan signifikan dalam meningkatakan kreativitas dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Syiah Kuala, perbandingan nilai post test kreativitas kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol (112,55 > 94,35) dan prestasi belajar mahasiswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol (18,80 > 16,15).

×
Penulis Utama : Muhjam Kamza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861402030
Tahun : 2015
Judul : Pengembanga Model Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasisis Problem Solvingoutdoor Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendididkna Sejarah Universitas Syiah Kuala
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Pendidikan Sejarah-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc
2. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.