Penulis Utama : Riza Rizando
NIM / NIP : K2510056
×

ABSTRAK
Riza Rizando. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ENQUIRING MINDS TERHADAP HASIL BELAJAR MOTOR OTOMOTIF SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 5 SURAKARTA.
Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2015.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk menemukan perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran enquiring minds terhadap hasil belajar antara kelompok rendah kelas eksperimen dan kelompok rendah kelas kontrol; (2) Untuk menemukan perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran enquiring minds terhadap hasil belajar antara kelompok tinggi kelas eksperimen dan kelompok tinggi kelas kontrol; (3) Untuk menemukan perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran enquiring minds terhadap hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; (4) Untuk menemukan pengaruh penerapan model pembelajaran enquiring minds terhadap hasil belajar kelas eksperimen; (5) Untuk menemukan pengaruh penerapan model pembelajaran klasikal terhadap hasil belajar kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Quasy exsperimental design with pretest-posttest and control group. Jumlah populasi adalah 108 siswa yang berasal dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan mengambil dua kelas secara acak, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran enquiring minds dan kelas kontrol mengguanakan model pembelajaran klasikal. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan terhadap nilai post-test kelompok rendah kelas eksperimen dan kelas kontrol, nilai kelompok tinggi kelas eksperimen dan kelas kontrol, nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol, nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen, dan nilai pre-test dan post-test kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelompok rendah kelas eksperimen dan kelompok rendah kelas kontrol yang ditunjukkan oleh nilai t = 8,901 > 1,690 dengan p-value = 0,000 < 0,05; (2) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelompok tinggi kelas eksperimen dan kelompok tinggi kelas kontrol yang ditunjukkan oleh nilai t = 6,944 > 1,690 dengan p-value = 0,000 < 0,05; (3) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan oleh nilai t = 5,822 > 1,666 dengan p-value = 0,000 < 0,05; (4) ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan hasil belajar kelas eksperimen yang ditunjukkan oleh nilai t = -7,214 > 1,666 dengan p-value = 0,000 < 0,05; (5) ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal siswa kelas kontrol dan hasil belajar kelas kontrol yang ditunjukkan oleh nilai t = -4,777 > 1,666 dengan p-value = 0,000 < 0,05. Model pembelajaran enquiring minds berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran motor otomotif kelas XI TKR SMK Negeri 5 Surakarta.

×
Penulis Utama : Riza Rizando
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2510056
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Enquiring Minds Terhadap Hasil Belajar Motor Otomotif Siswa Kelas Xi Tkr Smk Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pend. Teknik Mesin - K2510056 - 2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mohammad Akhyar, M.Pd.
2. Drs. Ranto, M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.