Penulis Utama : Magdalena Rosia Okky Riani
NIM / NIP : K7111530
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan PAIKEM dengan metode sing to play dalam peningkatan pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015; (2) meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris melalui penerapan pendekatan PAIKEM dengan metode sing to play; dan (3) menemukan kendala dan solusi penerapan pendekatan PAIKEM dengan metode sing to play.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi menggunakan rancangan penelitian siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan dua pertemuan pada masing-masing siklus. Tiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Panjer, sejumlah 35 siswa. Data berasal dari siswa, teman sejawat, dan guru. Alat pengumpul data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Validitas hasil penelitian ini menggunakan triangulasi. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, pengolahan data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan PAIKEM dengan metode sing to play dalam meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 91,87%, siklus II 82,60%, dan siklus III 95,41%.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan pendekatan PAIKEM dengan metode sing to play menggunakan enam langkah pembelajaran yaitu: menentukan topik, menjelaskan materi, memperkuat pemahaman siswa dengan bernyanyi, mengajak siswa bermain, siswa menyampaikan hasil pekerjaannya, menyimpulkan pembelajaran, dan mengadakan evaluasi. (2) penerapan pendekatan PAIKEM dengan metode sing to play dapat meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris, dibuktikan dengan persentase penilaian proses melebihi indikator kinerja (80%) dan hasil belajar siswa mencapai nilai minimal KKM (70) lebih dari 80%; (3) kendala pelaksanaan pendekatan PAIKEM dengan metode sing to play guru tidak percaya diri dalam melaksanakannya, siswa terlalu ramai, dan guru dalam mencontohkan pelafalan kosakata bahasa Inggris masih salah. Solusinya yaitu guru diberi semangat, mengontrol siswa dengan baik, dan berlatih melafalkan kosakata bahasa Inggris yang benar sebelum mengajar.
Kata kunci: PAIKEM, Sing to Play, Kosakata, Bahasa Inggris

×
Penulis Utama : Magdalena Rosia Okky Riani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111530
Tahun : 2015
Judul : Penerapan pendekatan paikem dengan metode sing to play dalam peningkatan pemahaman kosakata bahasa inggris siswa kelas iii sd negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K.7111530-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
2. Drs. Suripto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.