Penulis Utama : Teza Rizqina
NIM / NIP : K7111542
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode inkuiri dengan media nyata, (2) meningkatkan pembelajaran IPA tentang cahaya pada siswa kelas V SDN 1 Kaligowong tahun ajaran 2014/2015, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan metode inkuiri dengan media nyata dalam peningkatan pembelajan IPA tentang cahaya pada siswa kelas V SDN 1 Kaligowong tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Kaligowong yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan metode inkuiri dengan media nyata dilaksanakan melalui langkah-langkah: (a) guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi dengan memperkenalkan media nyata, (b) guru merumuskan masalah dengan media nyata, (c) guru membimbing siswa merumuskan hipotesis dengan media nyata, (d) guru membimbing siswa melakukan percobaan dengan media nyata, (d) guru membimbing siswa menganalisis data hasil percobaan dengan media nyata dan (e) guru membimbing siswa membuat kesimpulan mengenai materi dengan media nyata, (2) penggunaan metode inkuiri dengan media nyata dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang cahaya pada siswa kelas V SDN 1 Kaligowong tahun ajaran 2014/2015, terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa. Pada siklus I persentase=86,9%, siklus II=8,1% dan pada siklus III=93,48%. (3) Kendala dan solusi penggunaan metode inkuiri dengan media nyata, yaitu: (a) guru kurang maksimal dalam tanya jawab, (b) siswa masih canggung mempresentasikan, (c) guru terlalu berperan pada penyimpulan materi (d) ada siswa yang ramai (e) siswa kurang memperhatikan teman yang presentasi. Solusi yang peneliti lakukan yaitu (a) guru memperbanyak sesi tanya jawab, (b) memotivasi siswa (c) lebih melibatkan siswa dalam menyimpulkan materi, (d) menegur siswa yang ramai (e) menasehati siswa untuk memperhatikan temannya yang sedang presentasi.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode inkuiri dengan media nyata yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang benar maka dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang cahaya pada siswa kelas V SDN 1 Kaligowong tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci :Metode Inkuiri, Media Nyata, Pembelajaran, IPA

×
Penulis Utama : Teza Rizqina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111542
Tahun : 2015
Judul : Penggunaan metode inkuiri dengan media nyata dalam peningkatan pembelajaran ipa tentang cahaya pada siswa kelas v sdn 1 Kaligowong tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111542-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M. Pd.
2. Drs. Wahyudi, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.