Penulis Utama : Umi Mutiah
NIM / NIP : X1307024
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Diantara metode pembelajaran Rotating Trio Exchange dan konvensional, manakah yang dapat memberikan prestasi belajar yang lebih baik pada materi garis dan sudut. (2) Diantara kategori minat belajar siswa tinggi, sedang, rendah, manakah yang dapat memberikan prestasi belajar yang lebih baik pada materi garis dan sudut. (3) Metode pembelajaran Rotating Trio Exchange ataukah konvensional yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik bagi siswa dengan minat belajar tinggi, sedang atau rendah pada materi garis dan sudut.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Plupuh tahun ajaran 2012/2013, yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 62 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 2 Masaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai UAS matematika, metode angket untuk data minat belajar siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi garis dan sudut. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Metode pembelajaran Rotating Trio Exchange memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional pada materi garis dan sudut. (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan minat belajar tinggi lebih baik dari pada siswa dengan minat belajar sedang maupun rendah, dan minat belajar sedang lebih baik dari siswa dengan minat belajar rendah pada materi garis dan sudut. (3) Pada masing-masing tingkat minat belajar matematika siswa, pembelajaran dengan metode Rotating Trio Exchange memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran dengan metode pembelajaran konvensional pada materi garis dan sudut
Kata kunci : metode pembelajaran Rotating Trio Exchange, minat belajar, garis dan sudut, prestasi belajar.

 

×
Penulis Utama : Umi Mutiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X1307024
Tahun : 2015
Judul : Eksperimentasi pembelajaran matematika dengan metode rotating trio exchange pada materi garis dan sudut ditinjau dari minat belajar siswa (Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Plupuh Tahun Ajaran 2012/2013)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-X.1307024-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Sugiarto, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.