Penulis Utama : Bayu Adhy Tama
NIM / NIP : K3109019
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pemberian informasi karir untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dalam pemilihan program jurusan siswa kelas X SMA Negeri Punung tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan “Non equivalent Control Group Design”. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri Punung tahun ajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 37 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 18 siswa, kelompok kontrol 19 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling, yaitu suatu teknik pemilihan sampel berdasarkan tujuan atau kriteria tertentu.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket keterampilan penganbilan keputusan dalam pemilihan program jurusan sebanyak 60 item. Treatment dalam penelitian ini adalah pemberian informasi karir. Teknik analisis menggunakan uji t atau t test, dengan bantuan SPSS 16.
Hasil penghitungan statistik untuk mencari t diperoleh thitung sebesar 5,129 sedangkan dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada perbedaan keterampilan pengambilan keputusan yang signifikan setelah diberi perlakuan (postest) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil mean skor postest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diberikan treatment sebesar 192,72 dan mean setelah diberikan treatment sebesar 220,28, sedangkan pada kelompok kontrol mean pretest sebesar 193,89 dan mean postest sebesar 194,11. Hal ini menunjukan bahwa pada kelompok eksperimen ada kenaikan yang signifikan pada keterampilan pengambilan keputusan dalam pemilihan program jurusan setelah diberikan treatment.
Simpulan penelitian ini adalah pemberian informasi karir efektif untuk meningkatkan keterampilam pengambilan keputusan dalam pemilihann program jurusan siswa kelas X SMA Negeri Punung tahun ajaran 2013/2014.
Kata kunci : pemberian informasi, karir, keterampilan, pengambilan keputusan

 

×
Penulis Utama : Bayu Adhy Tama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3109019
Tahun : 2015
Judul : Pemberian informasi karir untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dalampemilihan program jurusan (Penelitian pada Siswa Kelas X SMA Negeri Punung Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2013/2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K.3109019-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Legowo, M.Pd
2. Dra. Chadidjah Ha, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.