Penulis Utama : Hadi Rahmanto
NIM / NIP : X1307041
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) diantara model pembelajaran kooperatif tipe Go Around dan model pembelajaran konvensional, manakah yang dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi Keliling dan Luas Segitiga dan Segi Empat. (2) diantara kategori aktivitas belajar matematika siswa (tinggi, sedang, dan rendah), manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi Keliling dan Luas Segitiga dan Segi Empat. (3) pada masing-masing model pembelajaran (Go Around dan konvensional), manakah diantara kategori aktivitas belajar matematika siswa (tinggi, sedang dan rendah) yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dan untuk mengetahui pada masing-masing kategori aktivitas belajar matematika siswa (tinggi, sedang dan rendah), manakah diantara model pembelajaran kooperatif tipe Go Around atau konvensional yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada materi Keliling dan Luas Segitiga dan Segi Empat.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jatipuro tahun ajaran 2013/2014, yang terdiri dari 4 kelas dengan banyaknya siswa 138. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 70 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jumapolo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai rapor matematika Semester I Kelas VII tahun pelajaran 2013/2014, metode angket untuk data aktivitas belajar matematika siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi Keliling dan
Luas Segitiga dan Segi empat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Go Around memberikan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran konvensional pada materi Keliling dan Luas Segitiga dan Segi Empat. (Fa = 0.08 < 3.99 = Ftabel pada taraf signifikansi 5%). (2) Siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi dan sedang memiliki prestasi belajar matematika yang sama baik, siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah sedangkan siswa dengan aktivitas belajar matematika sedang dan rendah memiliki prestasi belajar matematika yang sama baik pada materi Keliling dan Luas Segitiga dan Segi Empat. (Fb = 8.71 > 3.14 = Ftabel pada taraf signifikansi 5%). (3) Baik untuk model pembelajaran kooperatif tipe Go Around dan model pembelajaran konvensional, siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas rendah dan untuk masing-masing kategori aktivitas belajar matematika (tinggi, sedang dan rendah), model pembelajaran kooperatif tipe Go Around dan model pembelajaran konvensional memberikan prestasi belajar yang sama pada materi Keliling dan Luas Segitiga dan Segi Empat. (Fab = 1.15 < 3.14 = Ftabel pada taraf signifikansi 5%).

 

×
Penulis Utama : Hadi Rahmanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X1307041
Tahun : 2015
Judul : Eksperimentasi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe go around pada materi keliling dan luas segitiga dan segi empat ditinjau dari aktivitas belajar matematika siswa (Penelitian Dilakukan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 J
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-X.1307041-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Sugiarto, M.Pd
2. Yemi Kuswardi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.