Penulis Utama : Taufiq Panji Saputra
NIM / NIP : C0811029
×

ABSTRAK
“Desain Interior Pusat Jamu di Sukoharjo dengan Konsep Modern Kontemporer“ merupakan judul dari proyek perencanaan interior ini. Pusat Jamu adalah wadah untuk melestarikan dan mengembangkan warisan tradisi Jawa yaitu jamu tradisional yang memberikan informasi, edukasi, dan hiburan bagi para pengunjung dengan lokasi perencanaan di Sukoharjo, Jawa Tengah.
Rumusan masalah pada perencanaan ini adalah bagaimana mewujudkan desain  interior pusat jamu yang dapat menyediakan berbagai macam produk jamu dalam satu tempat yang dapat memberikan edukasi, informasi dan hiburan bagi pengunjung dengan konsep modern kontemporer yang mempunyai arti kekinian sehingga dapat memecahkan masalah tersebut.
Tujuan dari karya ini adalah merancang suatu area komersial yang ditujukan kepada semua kalangan khususnya anak muda yang kini sudah kurang tertarik dengan jamu tradisional dan penerapan gaya modern kontemporer sebagai pemecahan masalahnya. Lokasi yang diambil untuk perancangan desain interior ini berada di Sukoharjo, Jawa Tengah dengan alasan Sukoharjo merupakan daerah yang sudah terkenal akan produksi jamunya.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada laporan ini adalah data literature yang berasal dari buku, majalah maupun website dan data visual yang diambil dari beberapa tempat yang berkaitan dengan jamu tradisional dan gaya modern kontemporer.
Pusat jamu ini dibuat untuk mengubah pandangan masyarakat akan jamu tradisional sebagai produk pinggiran dan kelas bawah menjadi produk kelas atas, bersih, nyaman dan lebih modern dengan konsep pemasaran seperti cafe, sehingga minat pengunjung khususnya anak muda menjadi lebih tinggi. Dan jamu tradisional akan tetap terjaga sebagai warisan tradisional Jawa.
Kata Kunci : Pusat Jamu, Sukoharjo, Modern Kontemporer, Cafe
ABSTRACT
"Interior Design Herbs Center in Sukoharjo with Modern Contemporary Concept" is the title of this interior design project. Herbal Center is a forum for preserving and developing tradition Javanese heritage that the traditional herbal medicine that provides information, education, and entertainment for visitors to the site planning in Sukoharjo, Central Java.
Formulation of the problem in this project is how to realize the interior design herbs center that can provide a wide range of herbal products in one place that can provide education, information and entertainment for visitors with a contemporary modern concept that has meaning the present so as to solve the problem.
The purpose of this work is to design a commercial area which is addressed to all people, especially young people who are now less interested in traditional herbal medicine and the application of modern contemporary style as problem solving. The location was taken to the design of the interior design is in Sukoharjo, Central Java, with reason Sukoharjo is an area that has been known for the production of herbal medicine.
Methods of data collection used in this report are a literature of data derived from books, magazines and websites and visual data taken from several places associated with traditional herbs and modern contemporary style.
Herbal center is designed to change society's view would herbal medicine as a outskirts product and the lower classes into top-class products, a clean, comfortable and more modern marketing concepts such as cafes, so the interest of visitors, especially young people become higher. And the traditional herbal medicine will stay awake as a traditional Javanese heritage.
Keywords : Herbal Center, Sukoharjo, Modern Contemporary, Cafe

×
Penulis Utama : Taufiq Panji Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0811029
Tahun : 2015
Judul : Desain Interior Pusat Jamu di Sukoharjo (Dengan Konsep Modern Kontemporer)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Desain Interior
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Desain Interior-C0811029-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Panuwun, M.Sn
2. Drs. Rahmanu Widayat, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.