Penulis Utama : Umar Yoga Pratama
NIM / NIP : C9412049
×

ABSTRAK
Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui berbagai Potensi Tradisi Grebeg Apem Sewu sebagai upaya pengembangan potensi wisata, juga merupakan upaya untuk melestarikan Tradisi Apem Sewu dan menjadikan Tradisi itu sebagai daya tarik wisata, khususnya di Kelurahan Sewu dan Kota Solo pada umumnya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan upaya pengembangan Tradisi Apem Sewu sebagai Potensi Wisata di Kelurahan Sewu Kota Surakarta. Metode penelitian menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, study dokumen dan study pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kampung Sewu memiliki banyak potensi yang terpendam dan belum dioptimalkan. Tradisi Grebeg Apem Sewu merupakan sebuah Tradisi turun-temurun yang sangat patut untuk dilestarikan. Kurangnya promosi kepada wisatawan asing dan lokal membuat Tradisi Grebeg Apem Sewu ini hanya dinikmati masyarakat sekitar.Potensi lain yang terdapat di Kampung Sewu juga belum dioptimalkan, beberapa potensi seperti Pohon Pamrih jelmaan tongkat Pangeran Mangkubumi I belum dimanfaatkan. Kemudian Pelabuhan Beton dan Putat yang dahulu merupakan sebuah pelabuhan yang terkenal. Tradisi Grebeg Apem ini apabila dapat dikerjakan dengan kreatif mampu menjadi daya tarik wisata di Kampung Sewu dan menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun asing. Dengan jumlah wisatawan yang berkunjung dan menyaksikan Tradisi Grebeg Apem Sewu dapat mempengaruhi jumlah wisatawan yang datang ke Kota Solo.
Tradisi Apem Sewu apabila dapat dikemas lebih bagus akan menjadi sebuah destinasi menarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dari kendala yang ada dan dihadapi Kelurahan Sewu dapat dijadikan acuan untuk menjadikan Apem komoditi utama di sektor perdagangan sebagai jajanan khas di Kelurahan Sewu dan juga sektor pariwisata yang akan membuat wisatawan lebih tertarik untuk menyaksikan serta membuat jajanan Apem itu sendiri. Kesimpulan yang dapat dijadikan acuan ialah memanfaatkan potensi dari Apem Sewu sendiri untuk dijual kepada masyarakat umum agar menjadi terkenal dan menjadi ikon dari Kelurahan Sewu serta Kota Surakarta. Dengan memanfaatkan slogan apabila belum membeli Apem belum merasa berkunjung ke Kota Solo.

×
Penulis Utama : Umar Yoga Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9412049
Tahun : 2015
Judul : Upaya Pengembangan Tradisi Apem Sewu Sebagai Potensi Wisata di Kelurahan Sewu Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-C9412049-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hj. Isnaini WW, M.Pd
2. Drs. Suharyana M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.