Penulis Utama : Wahyu Agustin Dwi Ciptaningtyas
NIM / NIP : R1114132
×

v
ABSTRAK
Wahyu Agustin D.C, R1114132, Hubungan antara Pengetahuan tentang Alat Kontrasepsi Sederhana dengan Sikap Seks Pranikah pada Remaja. Program Studi Diploma IV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta 2015.
Latar Belakang: Keluarga Berencana merupakan salah satu upaya penting mencegah kehamilan diluar nikah dan kelahiran yang tidak diinginkan Pengetahuan yang positif tentang alat kontrasepsi menyebabkan sikap yang baik sehingga remaja tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara alat kontrasepsi sederhana dengan sikap seks pranikah pada remaja Kelas XI IPA di SMAN 6 Surakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan total sampling dengan jumlah sampel 126 siswa. Instrumentasi penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji statistic Kendall’s Tau dengan program SPSS dengan α 5 %.
Hasil: Sebanyak 68 responden dari 126 (53.96 %) mempunyai pengetahuan sedang tentang alat kotrasepsi sebanyak 84 dari 126 (66.63%) responden memiliki pengetahuan kurang terhadap alat kontrasepsi sederhana. Hasil analisis Kendall’s Tau yaitu p = 0.002 (p<0.05) dengan r = 0.261.
Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang alat kontrasepsi sederhana dengan sikap seks pranikah pada remaja.

×
Penulis Utama : Wahyu Agustin Dwi Ciptaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1114132
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Pengetahuan Alat Kontrasepsi Sederhana dengan Sikap Seks Pranikah pada Remaja di Sman 6 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2015
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran Prog. Diploma IV Bidan Pendidikan - R1114132 - 2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. M. Nur Dewi K, S.ST., M.Kes,
2. Agus Eka Norma Y, S.ST., M.Ke
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.