Penulis Utama : Silva Febrianingsih
NIM / NIP : F3512091
×

Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan terhadap buyer  atau pelanggan PT JATI AGUNG ARSITAMA. Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sistem komplain pelanggan yang diterapkan pada perusahaan PT JATI AGUNG ARSITAMA serta mengetahui jenis komplain yang dilayangkan oleh buyer.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yang merupakan bentuk analisis data untuk menjadikan data lebih mudah dikelola dan dapat memberikan informasi yang deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa staf produksi mengenai penerapan sistem penanganan komplain dan jenis komplain yang dilayangkan oleh pelanggan serta melakukan observasi. Metode pembahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model  pembahasan deskriptif yaitu suatu teknik untuk membuat gambaran atau deskripsi secara sistematis, factual, dan akurat mengenai suatu objek yang akan diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa PT JATI AGUNG ARSITAMA dalam menerapkan sistem komplain kurang sesuai dengan prosedur yang semestinya. Prosedur yang diterapkan perusahaan masih sangat sederhana yakni hanya melalui email. Komplain yang terjadi selama tahun 2014 ialah sebanyak 7 jenis komplain. Tujuh komplain terdiri dari terdapatnya bercak putih,barang rusak dan warna cat yang tidak rata. Saran yang diberikan untuk perusahaan ialah lebih menjaga mesin-mesin produksi dengan memberikan perhatian khusus, perusahaan sebaiknya mulai menggunakan alat yang lebih canggih akan lebih mempermudah dan perlunya perbaikan sistem penanganan komplain dengan dibuatnya form sehingga perusahaan akan lebih mudah untuk menerapkan sistem penanganan komplain.

Kata Kunci : Proses Produksi, Komplain, Penanganan Komplain.
 

The final task study was carried out on the buyer or customer of PT Jati Agung Arsitama. The study aims were determined and analyzed the customer complaints system which applied in the PT. Jati Agung Arsitama and known the complaints types was filed by the buyer.  
The study method was used descriptive method, which is a form of data analysis to make the data easier to manage and can provide descriptive information. The data source was used the data obtained from interviews with some of the production staff on the application of the handling complaints system and complaints type filed by customers and make observations. Discussion method was used descriptive discussion model is a technique to create a picture or description of a systematic, factual, and accurate information on an object to be studied.  
Based on the study results can be concluded that the PT Jati Agung Arsitama in applying the complaint system not in accordance with proper procedures. The procedure applied by the company is still very simple that only by email. The complaints that occurred during 2014 are 7 kinds of complaints.
The seven complaints consist of the presence of white patches, flaws and uneven paint color. The advice given to the company are to better maintain production machines with special attention, companies should start using more sophisticated tools that will facilitate the work and the need to improve complaint handling system with the establishment of the form so that the company will be easier to apply the system to complaints handling.

Keywords: Production Process, Complaint, Complaint Handling

×
Penulis Utama : Silva Febrianingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3512091
Tahun : 2015
Judul : Analisis Penanganan Komplain Buyer Terhadap Produk Cacat Pada Perusahaan Jati Agung Arsitama Di Sukoharjo (Studi Kasus Buyer Afrika Selatan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Program Studi Diploma III Manajemen Bisnis-F3512091-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Mohammad Amien Gunadi, M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.