Penulis Utama : Claudia Marzya Cecilia Sesunan
NIM / NIP : F3512023
×

ABSTRAK
ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PERUSAHAAN KECAP BAWANG
Oleh :
Claudia Marzya Cecilia Sesunan
F3512023
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pada Perusahaan Kecap Bawang. Pemilihan kasus ini berdasarkan pertimbangan Perusahaan yang banyak merekrut masyarakat yang berada di sekitar guna mengurangi pengangguran kerja dan sangat bermanfaat untuk menunjang hasil produktivitas yang optimal. Sedangkan produktivitas bagi tenaga kerja sendiri akan berdampak pada peningkatan motivasi dalam bekerja sehingga akan mempengaruhi hasil produktivitas.
Dalam penelitian ini menggunakan penilitian deskriptif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yang dapat dari hasil wawancara dengan pemilik perusahaan dan meninjau langsung di lapangan.
Dari hasil analisis produksi pada Perusahaan Kecap Bawang ini di peroleh data rerata selama satu tahun sebesar 24.100 botol/bulan, dengan rerata produktivitas 312 botol/jam dan rerata jam kerja selama 77 jam. Sedangkan produktivitas yang optimal yang dapat dicapai perusahaan adalah 395 botol/jam hal ini dapat dicapai perusahaan apabila mesin yang digunakan untuk proses produksim, tidak mengalami masalah, tidak ada karyawan yang absen kerja, dan penerapan jam kerja yang disiplin.
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka di sarankan untuk Perusahaan Kecap Bawang agar memberikan reward kepada karyawan yang berprestasi agar karyawan dapat termotivasi dan berkerja dengan totalitas dan disarankan untuk memperluas pemasaran agar produktivitas yang di hasilkan bisa stabil sesuai dengan standart yang di tentukan, karena semakin banyak pemasaran maka peluang untuk permintaan barang juga semakin tinggi.
Kata Kunci : Analisis Produktivitas, Tenaga Kerja, Perusahaan Kecap Bawang

×
Penulis Utama : Claudia Marzya Cecilia Sesunan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3512023
Tahun : 2015
Judul : ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PERUSAHAAN KECAP BAWANG
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ekonomi - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi Prog. D III MANAJEMEN BISNIS-F.3512023-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sarwoto, SE, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.