Penulis Utama : Nindya Ayu Astarika Sanjaya
NIM / NIP : K3110045
×

ABSTRAK
Nindya Ayu Astarika Sanjaya. ?PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMK”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2015.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul bimbingan karir yang layak dan efektif untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa SMK.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan modul bimbingan karir untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa SMK. Selanjutnya untuk mengetahui efektivitas modul bimbingan karir menggunakan teknik One Group Pretest – Posttest Design. Yaitu penelitian dengan menggunakan satu kelompok yang diberi pretest kemudian mendapatkan treatment dan diakhiri dengan pemberian posttest. Kemudian membandingkan skor hasil dari pretest dengan hasil posttest.
Perlakuan berupa pemberian modul bimbingan karir untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Mesin C SMK Bhinneka Karya Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket konsep diri dan angket keputusan karir yang telah valid. Angket konsep diri terdiri dari 27 item dan angket angket keputusan kari terdiri dari 23 item. Analisis data menggunakan aplikasi statistik SPSS 16 dengan teknik Paired Samples T tes.
Berdasarkan hasil uji ahli, uji praktisi dan analisis data subjek penelitian dapat diketahui bahwa modul bimbingan karir untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa SMK dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa. Terbukti dari penilaian ahli dan praktisi terhadap modul memiliki nilai rata-rata 89, yang berarti modul memiliki kriteria sangat baik. Dalam uji efektivitas, berdasarkan uji t diketahui nilai thitung lebih besar dari ttabel untuk konsep diri yaitu 6,415 > 2,039. Sedangkan t untuk keputusan karir 6,564 > 2,039 dengan nilai signifikansi adalah 0,000. Nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Artinya ada perbedaan antara nilai re-test dan nilai pos-test konsep diri, serta ada perbedaan antara nilai pretest dan nilai pos-test keputusan karir. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima, yang berarti implementasi modul bimbingan karir efektif untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa SMK.
Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi modul bimbingan karir layak dan efektif untuk meningkatkan konsep diri dan keputusan karir siswa SMK.

×
Penulis Utama : Nindya Ayu Astarika Sanjaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3110045
Tahun : 2015
Judul : Pengembangan Modul Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Konsep Diri dan Keputusan Karir Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling - K3110045 - 2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Asrowi, M.Pd
2. Dra. Salmah Lilik, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.