Penulis Utama : Adi Surya Nur Rochim
NIM / NIP : I8712001
×

ABSTRAK
Walikan merupakan anak sungai Bengawan Solo yang terletak di Desa Timang Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Aliran sungainya banyak membawa material sedimen sehinga terjadi pendangkalan sungai dibagian hilir dan muara. Akibatnya pada musim hujan air melimpas dan sering menimbulkan banjir sepanjang daerah yang dilaluinya. Bencana banjir yang hampir terjadi setiap tahun menimbulkan kerugian cukup besar pada lahan persawahan, jalan dan pemukiman penduduk. Sedimen yang dibawa adalah hasil longsoran tebing akibat tanggul sungai tererosi dan tergerus. Untuk mengatasi hal tersebut, maka direncanakan pembuatan bangunan pengendali sedimen (Check dam ) baru, agar pendangkalan akibat penumpukan sedimen yang terjadi dihilir sungai Walikan dapat dikurangi. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahuai daya tampung sedimen apabila nantinya dibangun check dam (2) dapat membuat desain check dam dari data- data yang diolah. Untuk menunjang kegiatan penelitian tersebut dilakukan dengan metode survay langsung ke lokasi dan mengumpulkan data-data dari dinas terkait.
Dalam Penelitian ini metode yang digunakan dimulai dengan menentukan tema yang akan dibahas kemudian dilanjutkan dengan survay lokasi dan inventarisasi data yang akan diidentifikasi sesuai dengan masalah yang terjadi di lokasi studi. Setelah dilakukan inventarisasi data, maka diperoleh data yang dibutuhkan untuk penelitian antara lain Peta Wilayah Sungai Bengawan Solo, Data hasil uji tanah dari daerah calon lokasi bangunan, data hasil analisa hidrologi DAS Walikan, dan Data hasil analisa erosi dan sedimentasi DAS Walikan.
Setelah dilakukan analisa dan pembahasan dari data yang ada maka didapatkan hasil hidrologi berupa debit rencana yang dimana debit rencana tersebut menjadi langkah awal untuk mendesain dimensi, sehingga diperoleh hasil desain check dam dengan tinggi efektif main dam4 meter dan mampu menampung sedimen sebesar 78.258,68 m3.
Kata kunci :Check dam , Sedimen, Banjir

×
Penulis Utama : Adi Surya Nur Rochim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8712001
Tahun : 2015
Judul : Desain Bangunan Pengendali Sedimen (Check Dam ) di Sungai Walikan Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8712001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Hari Wahyudi, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.