Penulis Utama : Sri Mulatsih
NIM / NIP : S811308037
×

ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran kewirausahaan model praktik di SMK Marsudirini, khususnya prodi Jasa Boga. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kendala dan hasil yang dicapai setelah menggunakan model pembelajaran praktik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan di SMK Marsudirini ada dua yaitu model teori dan praktik. Pembelajaran kewirausahaan model praktik merupakan tindak lanjut dari pembelajaran teori di kelas, pembelajaran ini dilakukan di ruang praktik boga, dan pelaksanaanyapun secara berkelompok. Pembelajaran kewirausahaan model praktik ini meliputi; perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.  Pembelajaran kewirausahaan model praktik ini bertujuan untuk memotivasi peserta didik dalam berwirausaha, menjalin kerja sama, melatih kedisiplinan, kejujuran, dan daya juang sesuai dengan karakter yang akan dicapai sesuai dengan visi dan misi SMK Marsudirini. Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan model praktik di SMK Marsudirini berjalan maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta didik yang sudah memulai berwirausaha di kantin sekolah, di rumah, maupun secara online. Selain itu, banyak pula capaian prestasi yang diraih oleh para peserta didik dalam berbagai lomba yang diikuti. Kendala pelaksanaan pembelajaran praktik tidak signifikan dan dapat dipecahkan dengan baik oleh para peserta didik sendiri maupun oleh pihak sekolah.
Kata Kunci: Pembelajaran Kewirausahaan model praktik, motivasi berwirausaha, peserta didik.
ABSTRACT
This research aimed at investigating how the implementation of Entrepreneurship Learning Practical Model SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta, especially for Food Science Program. The main cases in this study are planning, implementation, evaluation, obstacle, and the result reached after using learning of practical model.
This study was qualitative descriptive research. The source of data was obtained from informant and document. Data collecting used direct observation, interview, and documentation. Data validation applied triangulation of source, method. Analyse data use interactif analyse model.
The result of this study shows that the learning model used in SMK Marsudirini consists of two types. They are theoretical model and practical work. The learning of Entrepreneurship- Practical Model is the follow up of theoretical learning in the class, and then it is implemented in practical room (kitchen), and done in groups. The Entrepreneurship Learning of Practical Model includes three steps. They are planning, actuating, and evaluation. The purpose of Entrepreneurship Learning- Practical Model is to motivate students to do or to run a business, intertwine a networking, teaching a discipline-honesty, and power of struggle based on the character they want to reach under the vision and mission of SMK Marsudirini. The Entrepreneurship Learning- Practical Model in SMK Marsudirini is well implemented based on the school’s expectation. It is proved by the number of students who has started to run such business in school canteen, at home, or online. Besides, the students have got many achievements in various competitions. The obstacles of Entrepreneurship Learning- Practical Model is not really significant so that they can be solved well both by students itself and the teachers.
Key words: Entrepreneurship learning of practical- model, motivation, running a business, student.

×
Penulis Utama : Sri Mulatsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811308037
Tahun : 2015
Judul : Implementasi Pembelajaran Kewirausahaan Model Praktik Sebagai Usaha untuk Memotivasi Peserta Didik dalam Berwirausaha di SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Teknologi Pendidikan-S811308037-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, M.Pd.
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.