Penulis Utama : Saphry Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasaan masalah permata bank cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1202059-2004
Subyek : BANK DAN PERBANKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pertumbuhan ekonomi suatu bangsa memerlukan pola pengolahan sumber ekonomi yang tersedia secara terarah dan terpadu serta dimanfaatkan secara penuh bagi kesejahteraan seluruh masyarakat. Oleh karena itu setiap perusahaan harus mempunyai suatu kunggulan khusus sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain dan tidak dapat ditiru oleh perusahaan lain.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : 1). Seberapa tingkat kepuasan nasabah terhadap dimensi kualitas pelayanan jasa yang diberikan oleh PermataBank Cabang Surakarta, 2). Apakah ada pengaruh yang signifikan antara dimensi kualitas pelayanan jasa dengan kepuasan nasabah PermataBank Cabang Surakarta, 3). Manakah diantara dimensi kualitas pelayanan jasa yang paling dominan pengaruhnya dengan kepuasan nasabah PermataBank Cabang Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah : 1). Diduga nasabah belum puas terhadap dimensi kualitas pelayanan jasa yang diberikan oleh PermataBank Cabang Surakarta, 2). Diduga ada pengaruh yang positif dan signifikan antara dimensi kualitas pelayanan jasa dengan kepuasan nasabah permataBank Cabang Surakarta, 3). Diduga dimensi Responsiveness mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan nasabah PermataBank Cabang Surakarta.

Untuk menguji hipotesis diatas, menggunakan, regresi linier berganda Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Desain penelitian populasinya adalah seluruh nasabah yang melakukan transaksi perbankan pada PermataBank Cabang Surakarta secara langsung. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience yaitu penyebaran kuesioner pada nasabah yang ditemui atau melakukan transaksi perbankan pada PermataBank Cabang Surakarta.

Hasil penelitian menggunakan analisis tingkat kesesuaian, diperoleh bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel Responsiveness yang meliputi kecepattanggapan PermataBank dalam mengatasi keluhan nasabah, pemberian informasi yang jelas oleh karyawan, kemauan karyawan untuk membantu nasabah. Kemudian dilakukan regresi berganda untuk mengetahui nilai pengaruh dari hipotesis pertama dengan alat analisis SPSS dan uji ini diketahui nilai uji F, uji t dan Uji R nya. Hasil analisis diketahui bahwa : ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah PermataBank Cabang Surakarta

Dari bukti – bukti tersebut diatas dapat diambil kesimpulan bahwa : tanggapan responden terhadap pertanyaan – pertanyaan dalam kuesioner yang menggambarkan variabel reliability, responsiveness, assurance, tangible, dan emphaty terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PermataBank Cabang Surakarta adalah berpengaruh secara positif. Variabel yang paling dominan dan paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah PermataBank Cabang Surakarta adalah variabel Responsiveness. Dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat memberikan saran pada PermataBank Cabang Surakarta yaitu karena variabel Responsiveness merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah maka perlu ditingkatkan hal – hal yang berkaitan dengan Responsiveness yaitu dalam menangani masalah keluhan nasabah harus cepat dan baik, pelayanan informasi yang jelas kepada para nasabah, kemauan karyawan dalam membantu nasabah sehingga dapat memberikan tingkat kepuasan yang tinggi bagi nasabah.Bagi peneliti yang lain diharapkan lebih memperluas penelitian dengan meneliti dimensi-dimensi (variabel-variabel) dari kualitas pelayanan jasa yang menyangkut kepuasan nasabah, sehingga diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan dan diperoleh hasil penelitian yang lebih sempurna.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis