Penulis Utama : Amalia Fitriana Puspayanthi
NIM / NIP : D0111012
×

ABSTRAK
UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia yang dijalankan oleh sebagian besar masyarakatnya, karena peran UMKM sangat penting dalam kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), eksport non migas, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang cukup berarti. Namun, UMKM juga tidak terlepas dari berbagai persoalan yang dihadapi dan salah satunya adalah masalah permodalan, sehingga perlu adanya solusi guna menyelesaikan permasalahan ini. Dan dalam menangani permasalahan ini, Kabupaten Sukoharjo yang mempunyai UMKM yang beragam melakukan tindakan antisipasi dengan melakukan sosialisasi penyediaan informasi permodalan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas sosialisasi penyediaan informasi permodalan, dampak terhadap pengembangan UMKM, serta hambatan dalam pelaksanaan sosialisasi penyediaan informasi permodalan.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara purposive sampling melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, data primer berasal dari wawancara dan data sekunder berasal dari laporan pertanggung jawaban pelaksanaan sosialisasi permodalan. Teknik validasi data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan, pelaksanaan sosialisasi penyediaan informasi permodalan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM sudah efektif, karena melihat pada aspek efektivitas yang digunakan dalam penelitian ini. Tetapi, untuk hasil yang diharapkan belum dapat terealisasi dengan baik, disebabkan masih ada UMKM yang belum memanfaatkan informasi permodalan yang diberikan. Karena persyaratan yang diberikan oleh pemberi modal sulit, mulai dari tingginya bunga kredit, harus ada agunan dan sistemnya menyulitkan UMKM. Sedangkan untuk dampak terhadap UMKM yang sudah memanfaatkan, mereka merasa modal yang diperoleh dapat sedikit membantu proses produksi dan sebaliknya untuk yang belum memanfaatkan, mendapatkan pengetahuan mengenai lembaga keuangan yang menyediakan permodalan. Untuk hambatan dalam sosialisasi ini, disebabkan Dinas Koperasi dan UMKM tidak mempunyai data mengenai jumlah UMKM yang potensial untuk dikembangkan.
Kata kunci : sosialisasi , informasi permodalan, pengembangan UMKM  
ABSTRACT
SME is one of economic pillars run by the Indonesian community. The important role of SMEs is the contribution to Gross Domestic Product (GDP), non-oil exports, employment, and improvement of human resource quality. SMEs have many problems for example the capital, so a solution to solve this problem is needed. In this case, Sukoharjo, which has diverse SMEs, provides information about capital carried out by Department of Cooperatives and Small-Medium Enterprises. The purpose of this study is to know the effectiveness of capital provision information socialization, the impact on SMEs development and the obstacles of capital provision information socialization The research method was based on qualitative-descriptive. Data collection techniques were purposive sampling done by observation, interviews and documentation. The data used in this study were primary data by interview and the secondary data from liability report of implementation capital socialization. Data validation in this research used triangulation techniques. The results showed that implementation of capital provision information socialization conducted by Department of Cooperatives and SMEs have already been effective, by looking at the effectiveness aspect used in this research. But the expected results have not been realized well, because some SMEs have not harnessed capital information provided. It is due to difficult requirement by capital provider, high interest rates, and complicated system. Meanwhile the SMEs accessing capital information found that capital provided helped in production process. For the SMEs which have not accessed, they got information about financial institutions providing capital. Obstacles in the socialization exist because Department of Cooperatives and Small-Medium Enterprises does not have data on the number of SMEs which can be potentially developed. So it is difficult for the office to collect data on SMEs that receive the capital provision information socialization. Keyword : socialization, capital information, SMEs

×
Penulis Utama : Amalia Fitriana Puspayanthi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0111012
Tahun : 2015
Judul : Efektivitas Sosialisasi Penyediaan Informasi Permodalan dalam Pengembangan UMKM di Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D0111012-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti N.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.