Penulis Utama : Diana Puspa Dewi
NIM / NIP : C9412014
×

ABSTRAK
Kampung Kemlayan merupakan salah satu perkampungan kuno yang di kota Surakarta yang berpotensi dan layak untuk dikembangkan. Kota Surakarta merupakan Daerah tujuan wisata (DTW) yang menjadi salah satu sektor pariwisata dan menjadi sumber pendapatan yang sangat penting sehingga perlu diupayakan pengembangan Daerah Tujuan Wisata. Kota Surakarta sarat akan nuansa tradisional maka Surakarta identik dengan wisata budayanya.
Penulisan laporan ini mempunyai beberapa perumusan masalah diantaranya, potensi apa yang terdapat di Kampung Kemlayan, bagaimana upaya pengembangan potensi Kampung Kemlayan di Surakarta sehingga menjadi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan potensi Kampung Kemlayan dan bagaimana menghadapi kendala-kendala tersebut.
Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode Deskriptif yaitu menggambarkan obyek yang diamati secara jelas dan terperinci. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara, Observasi ke Kampung Kemlayan, wawancara dan studi kapustakaan. Adapun manfaat praktis dari penulisan laporan ini yaitu memberikan gambaran pada penulis dan pembaca mengenai Kampung Kemlayan. Sedangkan manfaat teoritis yaitu mengaplikasikan analisis potensi dan pengembangan. Adapun teknik penulisan laporan ini menggunakan metode disriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini bahwa Kampung Kemlayan merupakan Kampung Kuno yang menyimpan sejarah budaya yang masih ada sampai sekarang yaitu berupa bangunan kuno, wisata edukasi tentang sejarah perkembangan seni karawitan dan seni tari, wisata kuliner yang dapat dijadikan aset wisata di kota Surakarta.
Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Kemlayan mempunyai sejarah yang panjang mengenai seni karawitan dan seni tari. Di Kampung Kemlayan terdapat maestro seni seperti Gesang, S.Ngaliman, Parsono serta merupakan kampung kuno yang memiliki peninggalan berupa arsitektur bangunan masa lampau yang menjadi cagar budaya. Kendala – kendala yang dihadapi dalam mengembangkan potensi Kampung Kemlayan berupa sumber pendanaan dan sumber daya manusia dan upaya untuk mengatasi kendala tersebut dari segi pendanaan yaitu dengan cara memberikan sarana dan prasarana yang memadai dan dari segi sumber daya manusia yaitu dengan cara memberikan penyuluhan kepada masyarakat setempat.
Kata kunci : Pengembangan, Potensi, Wisata Budaya.

×
Penulis Utama : Diana Puspa Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9412014
Tahun : 2015
Judul : Pengembangan Potensi Kampung Kemlayan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-C9412014-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S.,M.Hum.
2. Drs. Sri Agus, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.