Penulis Utama : Yoga Sejati
NIM / NIP : K4611111
×

ABSTRAK
Yoga Sejati. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERMAIN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN TAKTIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X IIS 3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bermain sepakbola melalui pendekatan taktis pada peserta didik kelas X IIS 3 SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IIS 3 SMA Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 32 Peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik putra dan 20 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan taktis dapat meningkatkan hasil belajar bermain sepakbola dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar bermain sepakbola peserta didik pada Siklus I dari 32 peserta didik mencapai 62,50% atau sebanyak 20 peserta didik sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 84,38% atau sebanyak 27 peserta didik sedangkan 5 peserta didik lainnya belum tuntas dengan KKM 2,66.
Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan taktis dapat meningkatkan hasil belajar bermain sepakbola pada peserta didik kelas X IIS 3 SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Bermain Sepakbola, Pendekatan Taktis, Pendekatan Pembelajaran, Olahraga Permainan

×
Penulis Utama : Yoga Sejati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4611111
Tahun : 2015
Judul : UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERMAIN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN TAKTIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X IIS 3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP Jur JPOK/ Penjaskesrek-K.4611111-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Waluyo, S.Pd., M.Or
2. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.