Penulis Utama : Eri Dwi Cahyono
NIM / NIP : D0210038
×

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana majalah Cosmopolitan menarasikan pesan terkait isu gender yang ingin disampaikan kepada pembaca. Majalah Cosmopolitan adalah majalah perempuan di Indonesia yang mengusung banyak isu gender. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dekonstruksi teks.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis narasi terkait isu gender dalam isi teks media dan menggunakan pendekatan dekonstruksi teks. Analisis narasi melihat bagaimana sebuah teks dinarasikan atau dikisahkan. Pendekatan dekonstruksi yang dipilih menggunakan pendekatan yang dikemukaan oleh David M. Boje.
Proses analisis dimulai dengan melakukan proses pembacaan oleh peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian. Proses berikutnya dengan mengelaborasi hasil pembacaan dengan pendekatan dekonstruksi Boje dan menarasikan kembali apa yang ditemukan dalam analisis tersebut.
Penelitian ini menemukan beberapa penemuan, antara lain: (1) Binari maskulin dan feminin yang menunjukkan karakter maskulin dan feminin dan karakter-karakter tersebut memungkinkan untuk saling dipertukarkan; (2) Hirarki Gender menunjukkan hirarki dalam karakter maskulin dan feminin; (3) Pemberontakan yang menjadi semangat dalam teks yang diteliti yang digambarkan dengan kecenderungan perempuan; dan (4) Resituasi narasi gender menunjukkan bahwa teks pada akhirnya ingin menggambarkan perempuan secara progresif positif.
Kata kunci: narasi, majalah, gender, dekonstruksi.  
ABSTRACT
The research wants to know how Cosmopolitan Indonesia magazine narrate gender issues as a message of a mass media. The research conducted with deconstructive approach in the analysis.
Type of this research is descriptive qualitative narrative with deconstructive approach. Narrative analysis wants to know how a text of media narrated and told. The approach used in the research is approach of David. M Boje regarding deconstructive in narrative text.
Analysis of this research is firstly conducted by reading to the text as the object, which is the researcher is the main instrument in this research. This process was used as part to the next analysis step. The next step is by elaborating process of reading with deconstructive approach. Then, the results narrated back by researcher before coming to the conclusion.
This research produced some results, such as: (1) binary of masculin and feminin that shows caracteristics of masculin and feminin nature and its caracters can be interchanged each other; (2) gender hierarchy shows hierarchy of masculin and feminin characters; (3) rebelion, that the media wants to attach this spirit to the text; (4) resituate of gender narrative shows that the text, in the end, wants to describe women in a positive way.
Keywords: narrative, gender, deconstructive, magazine 

×
Penulis Utama : Eri Dwi Cahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210038
Tahun : 2015
Judul : Media Dan Gender (Analisis Narasi Gender dengan Pendekatan Dekonstruksi Teks dalam Majalah Cosmopolitan Indonesia Edisi Januari - April 2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0210038-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.