Penulis Utama : Eriana Widya Rahmawati
NIM / NIP : K1210023
×

Tujuan penelitian ini adalah 1) menjelaskan muatan kritik sosial dalam kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu”karya W.S Rendra, 2) menjelaskan muatan nilai pendidikan karakter dalam kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu”karya W.S Rendra, dan 3) mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa dokumen. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah  analisis  mengalir.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan sebagai berikut. Pertama Berdasarkan analisis kritik sosial dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra, dalam kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu terdapat empat kritik sosial. 1) Kritik terhadap kesewenang-wenangan pemerintah, 2) Kritik terhadap penderitaan rakyat kecil, 3) Kritik terhadap perlindungan hak buruh, 4) Kritik terhadap fakta atau kenyataan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Kedua Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap kumpulan puisi Doa untuk Anak Cucu, terdapat kandungan nilai pendidikan karakter dalam puisi karya W.S. Rendra yang dapat diteladani oleh pembaca. Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kumpulan puisi tersebut, antara lain : 1) Religius, 2) Jujur, 3) Toleransi, 4) Demokratis, 5) Kerja keras, 6) Rasa ingin tahu, 7) Semangat kebangsaan, 8) Cinta tanah air, 9) Cinta damai, 10) Peduli Sosial, 11) Tanggung jawab. Ketiga Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, terdapat relevansi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X. Relevansi pembelajan terdapat dalam kompetensi dasar 5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman dengan mengidentifikasikan majas dan kata-kata yang memiliki lambang. 8.2Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.

Kata Kunci: kritik sosial, nilai, pendidikan, karakter.

 

×
Penulis Utama : Eriana Widya Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1210023
Tahun : 2015
Judul : Kritik Sosial Dan Nilai Pendidikan Karakter Kumpulan Puisi Doa Untuk Anak Cucu Karya W.S. Rendra Kajian Sosiologi Sastra Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Sastra Di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-K1210023-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Andayani, M.Pd.
2. Drs. Yant Mujiyanto, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.