Penulis Utama : Qori Ambarwati
NIM / NIP : C9412037
×

ABSTRAK
Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Pengelolaan Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi wisata, pengelolaaan wisata serta kendala yang dihadapi Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk.
Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan pengelolaan Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk. Metode pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara, studi dokumen dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskiprtif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk memiliki potensi yang menggunakan analisis 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Aktivitas) layak dijadikan sebagai Obyek Wisata unggulan di Kabupaten Gunung Kidul. Pengelolaan yang dilakukan melalui pembenahan infrastruktur, sumber daya manusia, promosi, sarana dan prasarana serta usaha konservasi. Selain itu kendala yang dihadapi yaitu kurangnya minat masyarakat Desa Bleberan pada awal perintisan, terbatasnya dana untuk pembangunan infrastruktur, kurangnya alternatif atraksi wisata, kondisi alam.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari analisis 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Aktivitas) maka dalam hal sarana dan prasarana serta fasilitas wisata Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk sangat memadai untuk kebutuhan aktivitas wisatawan. Usaha pengelolaan yang dilakukan pengelola menunjukkan perkembangan jumlah kunjungan wisatawan ke Obyek Wisata ini. Kendala yang dihadapi pihak pengelola mampu memberikan evaluasi untuk pengembangan Obyek Wisata yang akan datang dan mampu menjadi wisata unggulan di Kabupaten Gunung Kidul.

×
Penulis Utama : Qori Ambarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9412037
Tahun : 2015
Judul : Pengelolaan Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk di Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-C9412037-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Agus, M.Pd
2. Drs. Suharyana M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.