Penulis Utama : Arif Syaifudin
NIM / NIP : K5611017
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli melalui permainan 4 on 4 pada siswa kelas VII B SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 16 Surakarta yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 16 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar passing bawah bolavoli. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan 4 on 4 dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menggunakan permainan 4 on 4 untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan passing bawah bolavoli sehingga keterampilan passing bawah bolavoli siswa masih rendah dan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 35,71 %, Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 67,85 %, sedangkan pada siklus II mencapai 92,86 %.
Simpulan penelitian ini adalah permainan 4 on 4 dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas VII B SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

×
Penulis Utama : Arif Syaifudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5611017
Tahun : 2015
Judul : Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli melalui permainan 4 on 4 pada siswa kelas VII B Smp Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan-K5611017-0215
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M.Kes
2. Drs. H. Muh. Mariyanto, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.