Penulis Utama : Angga Pramudya
NIM / NIP : K4411009
×

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter dan minat belajar pada siswa kelas XI IIS I SMA Negeri 1 Surakarta, dengan mengintegrasikan nilai-nilai nasonalisme yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran sejarah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi-refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS I SMA Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 24 orang. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan model PTK Siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto (Planning, Action, Observing, Reflecting).
Hasil penelitian menunjukkan guru dapat dikategorikan mampu mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme dengan model pembelajaran kooperatif dengan baik, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Implementasi nilai-nilai nasionalisme dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan karakter dan minat belajar sejarah siswa kelas XI IIS I SMA Negeri 1 Surakarta dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Karakter siswa prasiklus sebesar 74% meningkat menjadi 81.6% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 83.2%. Minat belajar siswa pada prasiklus sebesar 77.1% meningkat menjadi 81.9% pada siklus I dan meningkat menjadi 84.4% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik simpulan bahwa implementasi pembelajaran sejarah terintegrasi nilai-nilai nasionalisme dengan model pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan karakter dan minat belajar siswa kelas XI IIS I SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Nilai-nilai Nasionalisme, Model Pembelajaran Kooperatif, Karakter, Minat Belajar.

 

×
Penulis Utama : Angga Pramudya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4411009
Tahun : 2015
Judul : Implementasi pembelajaran sejarah terintegrasi nilai-nilai nasionalisme dengan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan karakter dan minat belajar siswa kelas xi iis 1 sma negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4411009-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.