Penulis Utama : Rudi Anshori
NIM / NIP : X1307011
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui manakah diantara model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran konvensional yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar (2) untuk mengetahui apakah siswa dengan aktivitas belajar lebih tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar (3) untuk mengetahui prestasi belajar matematika pada masing-masing tingkat aktivitas manakah yang lebih baik, pada model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan kontekstual atau model pembelajaran konvensional pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Negeri Jumantono tahun pelajaran 2011/2012. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dilakukan dengan cara sampling random kluster (cluster random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) metode dokumentasi untuk data kondisi awal siswa sebelum penelitian (2) metode angket untuk data aktivitas belajar matematika siswa (3) metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa materi pokok bangun ruang sisi datar. Uji coba instrumen dilakukan di MTs Negeri Karanganyar. Sebagai persyaratan penelitian dilakukan uji keseimbangan dengan uji-t. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan uji persyaratan analisis data adalah uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (2) dari ketiga aktivitas belajar matematika, siswa dengan aktivitas belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar matematika rendah pada materi pokok bangun ruang sisi datar (3) pada masing-masing tingkat aktivitas belajar matematika siswa, pembelajaran dengan model inkuiri dengan pendekatan kontekstual memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Model Inkuiri, Model Konvensional, Aktivitas Belajar,
Prestasi Belajar

×
Penulis Utama : Rudi Anshori
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X1307011
Tahun : 2015
Judul : Eksperimentasi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok bangun ruang sisi datar ditinjau dari aktivitas belajar siswa kelas viii mts negeri Jumantono tahun pelajaran 2011/2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-X.1307011-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dyah Ratri Aryuna, S.Pd, M.Si
2. Dwi Maryono, S.Si, M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.