Penulis Utama : Jennie Raharjo
NIM / NIP : D0208008
×

ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan secara umum untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola komunikasi interpersonal pelatih dalam meningkatkan prestasi atlet basket di Sritex Dragons Solo; dan tujuan secara khusus untuk mendeskripsikan dan menganalisis pesan-pesan yang disampaikan pelatih kepada atlet dalam meningkatkan prestasi atlet basket; serta penerimaan pesan-pesan yang diterima atlet dari pelatih dalam meningkatkan prestasi atlet basket.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Informan adalah pelatih dan atletbasket di Sritex Dragons Solo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)pola komunikasi interpersonal antara pelatih dan pemain berlangsungpada saat latihan dan diluar latihan. Komunikasi pada saat latihan menggunakan metode tatap muka sedangkan komunikasi yang berlangsung pada diluar jam latihan menggunakan metode pendekatan pada atlet.2) Dalam menyampaikan pesan kepada atlet, pelatih dapat memahami karakteristik atlet, berkomunikasi baik secara formal dan informal, yang kemudian pelatih menggunakan pendekatan secara personal dengan bahasa yang halus, memotivasi dan memberikan kepercayaan kepada atlet bahwa atlet memiliki kemampuan untuk mencapai prestasi sehingga pesan yang disampaikan oleh pelatih dapat diterima oleh atlet dengan baik dan komunikasi interpersonal yang dijalankan bisa dikatakan berhasil. 3) Atlet dapat menerima pesan yang disampaikan oleh pelatih sesuai keinginan pelatih. Atlet dapat menafsirkan secara benar isi pesan sebagaimana yang dimaksud oleh pelatih. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara dengan atlet bahwa dalam menyampaikan pesan, pelatih tidak menggunakan nada yang terlalu tinggi, sehingga tidak menimbulkan suasana menjadi tegang yang pada akhirnya atlet dapat menerima pesan atau pendapat dengan baik oleh atlet.
Kata kunci: pola komunikasi interpersonal, pelatih, atlet, basket, Sritex Dragons Solo.
ABSTRACT
This research has a purpose in general to describe and analyze patterns of interpersonal communication trainer in improving the athlete's performance in Sritex Dragons basketball Solo; and specifically for the purpose of describing and analyzing the messages communicated to the athlete coaches in basketball athletes improve performance; as well as the receipt of messages received from coaches athletes in basketball athletes improve performance.
The method used in this study is a qualitative research with the case method. Data collection techniques used were interviews. Informants is a basketball coach and athlete in Sritex Dragons Solo.
The results showed that: 1) the pattern of interpersonal communication between the coach and the player progresses in training and outside training. Communication during the training using face-to-face methods, while communication takes place in an after hours of exercise using the approach in athletes. 2) In a message to athletes, coaches can understand the characteristics of the athlete, communicate both formal and informal, that then coach use a personal approach with subtle language, motivate and give confidence to the athletes that athletes have the ability to achieve so that the message delivered by trainer acceptable to the athlete with good interpersonal and communication run is successful. 3) Athletes may receive a message that is conveyed by the coach as you wish trainer. Athletes can correctly interpret the content of the message as defined by the coach. This is consistent with the results of interviews with athletes that in conveying the message, the coach does not use a tone that is too high, so as not to cause the atmosphere became tense and ultimately the athlete can receive messages or opinion properly by the athlete.
Keywords: interpersonal communication patterns, coaches, athletes, basketball, Sritex Dragons Solo.

×
Penulis Utama : Jennie Raharjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0208008
Tahun : 2015
Judul : Pola Komunikasi Pelatih dengan Atlet Basket (Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Pelatih dengan Atlet Basket dalam Memicu Prestasi di Sritex Dragons Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0208008-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Dwi Tiyanto, S.U
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.