Penulis Utama : Aditya Ari Mustoha
NIM / NIP : K1310003
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) profil proses berpikir siswaSMP dengan gaya kognitif reflektif dalam memecahkan masalah matematika berdasarkanlangkah-langkah Polya, dan (2) profil proses berpikir siswa SMP dengan gaya kognitif impulsif dalammemecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya. Penyelesaian masalah matematika dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah dari Polya, yaitumemahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalahsesuai perencanaan, dan memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalampenelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas VIII-FSMP Negeri I Tirtomoyo Wonogiri, yang terdiri dari 2 orang siswa dengan gaya kognitifreflektif, dan 2 orang siswa dengan gaya kognitif impulsif.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket danwawancara berbasis tugas yang dilakukan pada materi sistem persamaan lineardua variabel. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalahtriangulasi waktu dan menggunakan kecukupan referensi. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajiandata, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa : (1) Profil proses berpikir siswaRE (reflektif) dalam memecahkan masalah matematika adalah : (a) dalam memahami masalah, siswa melakukan proses berpikir asimilasi maupun akomodasi, yaitu siswa dapat langsungmengidentifikasikan dapat menyebutkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dan siswa juga mencari hubungan permasalahan yang sejenis yang pernah diselesaikan atau ditemui. Kemudian siswa juga menyatakan bahwa informasi yang diperoleh sudah cukup untuk menyelesaikan permasalahan itu, (b)dalam menyusun rencana penyelesaian, siswa melakukan proses berpikir asimilasi, yaitu siswa dapat langsungmenentukan langkah dan metode apa yang akan digunakan untuk menyelesaikanmasalah, (c) dalam menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, siswa melakukan proses berpikir asimilasi, yaitusiswa dapat langsung menyelesaikan masalah yang ada sesuai denganperencanaan yang telah dibuat pada langkah sebelumnya, dan (d) dalammemeriksa kembali hasil yang telah diperoleh, siswa melakukan proses berpikir asimilasi maupun akomodasi, yaitu pada masalah pertama, siswa membuat pemecahan masalah kembali dengan metode lain untuk memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Sedangkan pada masalah kedua, siswa menggunakan hasil dan persamaan yang telah dibuat sebelumnya; dan (2) Profil proses berpikir siswa IM(impulsif)dalam memecahkan masalah matematika adalah : (a) siswa melakukan proses berpikir asimilasi maupun akomodasi dalam memahami masalah, yaitu siswa dapat langsungmengidentifikasikan dapat menyebutkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dan siswa juga mencari hubungan permasalahan yang sejenis yang pernah diselesaikan atau ditemui. Kemudian siswa juga menyatakan bahwa informasi yang diperoleh sudah cukup untuk menyelesaikan permasalahan itu, (b) siswa melakukan ketidaksempurnaan proses asimilasi dalammenyusun rencana penyelesaian karena siswa dapat langsung dapat menentukan langkah dan metode apa yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah, tetapi tidak dapat membuat model matematika dari apa yang sudah diketahui, (c) siswa tidak melakukan proses berpikirasimilasi maupun akomodasi dalam menyelesaikan masalah sesuai perencanaankarena siswa tidak dapat menyusun rencana penyelesaian, dan (d) siswa tidak melakukan proses asimilasi maupun akomodasi dalam memeriksa kembali hasil yangdiperoleh karena siswa tidak dapat menyelesaikan masalah sehingga tidak ada hasil yang harus diperiksa kebenarannya.
Kata Kunci: proses berpikir, pemecahan masalah, langkah Polya,Gaya kognitif reflektif dan impulsif.
ABSTRACT
This study aimed to describe: (1) profile of junior high school student’s thinking process with reflective cognitive style in solving mathematics problems based Polya’s steps, and (2) profile of junior high school student’s thinking process with impulsive cognitive style in solving mathematics problems based Polya’s steps. The mathematics problem solving in this research used Polya’s steps, namely understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, and looking back the answer.
This research is a qualitative descriptive research. The subjects of this research were taken by using technique of purposive sampling. The subjects of this research were four 8th-Fgrade students of SMP Negeri I Tirtomoyo Wonogiri, which consists of 2 students with reflective cognitive style, and 2 students with Impulsive cognitive style. The data were collected through questionnaire and task-based interview technique on subject matter of two variables linear equations system. The data were validated using time triangulation and reference. Steps of data analyze was data reduction, presentation, and conclusion (verification).
Based on the results of data analysis, it was obtain that: (1) The thinking process profile of student RE (reflective) in solving mathematics problem were: (a) in understanding problem, student did the thinking process of assimilation and accomodation, which student could directly identify what the known fact and what the asked problem and student also looking for a relationship similar problems were never resolved or encountered. Then student also stated that the information obtained did sufficient to resolved this problem, (b) the devising a plan, student did the thinking process of assimilation, which students could directly determine what step and method,  (c) in carrying out the plan, student did the thinking process of assimilation, which student could directly solve the problem in accordance with the plans that have been made previously,  and (d) in looking back the answer, student did the thinking processes of assimilation and accommodation, which on the first problem, student made problem solving with another method to looking back the answer. While on the second problem, student used the results and equations that have been made previously; and (2) The thinking process of student IM (impulsive) in solving mathematics problems are: (a) student did thinking process of assimilation and accommodation in understanding the problem, which student could directly identify what the known fact and what the asked problem and student also looking for a relationship similar problems were never resolved or encountered. Then student also stated that the information obtained did sufficient to resolved this problem, (b) student did imperfection thinking process of assimilation in devising a plan because students could directly determine what step and method, but could not create a mathematics model of what is already known,  (c) student did not thinking process of assimilation and accommodation in carrying out the plan because student could not arrange plan, and (d) student did not thinking of assimilation and accommodation to looking back the answer because student could not solve the problem so that no answer must been looked back the answer.
Keywords: thinking process profile, problem solving, Polya’steps, Reflective and impulsive cognitive style.

×
Penulis Utama : Aditya Ari Mustoha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1310003
Tahun : 2015
Judul : Profil Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 1 Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan MIPA-K1310003-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ponco Sujatmiko, M. Si.
2. Ira Kurniawati, S. Si, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.