Penulis Utama : Dhea Rahayu Putri
NIM / NIP : D1212026
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen komunikasi interpersonal anatara guru dan siswa yang digunakan di Kelompok Bermain Islam Al Azhar 28 Solo Baru dalam proses penerapan pendidikan karakter. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penunjang prestasi, hambatan serta solusi yang dihadapi Kelompok Bermain Islam Al Azhar 28 Solo Baru dalam proses penerapan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif dan bersifat diskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada guru dan siswa di Kelompok Bermain Islam Al Azhar 28 Solo Baru. Data dalam penelitian ini merupakan hasil dari wawancara dan observasi langsung pada objek penelitian.
Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Interpersonal dimana dengan penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan langsung dengan siswa dan pemberian contoh serta pembiasaan sehingga diharapkan akan mengubah sikap siswa sesuai dengan yang diharapkan.
Banyaknya kasus pencurian, kekerasan sampai dengan pelecehan yang dilakukan oleh anak, merupakan gambaran realita menurunya kualitas karakter pada anak. Hal ini tentu membuat miris siapa saja yang mengetahui berita tersebut. Oleh karena itu pendidikan karakter sangat penting diterapkan pada anak sejak dini, karena melalui pendidikan karakter sejak dini, anak dapat lebih terarah ke hal-hal positif melalui pembiasaan nilai-nilai karakter. Kelompok Bermain Islam Al Azhar 28 Solo Baru merupakan salah satu sekolah yang amat memperhatikan pendidikan karakter pada anak. Sekolah telah melakukan perannya guna mengoptimalkan usia emas pada anak. Sehingga dengan penerapan metode ini Kelompok Bermain Islam Al Azhar 28 Solo Baru berhasil melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang berkarakter, berakhlak, cerdas, aktif, kreatif, pemberani, berprestasi, percaya diri dan bertanggung jawab.

 

×
Penulis Utama : Dhea Rahayu Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1212026
Tahun : 2015
Judul : Manajemen komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam proses penerapan pendidikan karakter di kelompok bermain islam al azhar 28 Solo Baru
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1212026-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Surisno Satrio Utomo, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.