Penulis Utama : Irfan Pratama
NIM / NIP : K5110033
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media grafis komik terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu pada materi fungsi alat-alat tubuh kelas V di SLB B Pawestri Karanganyar tahun ajaran 2014/2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan eksperimen One group pre test-post test design, yakni sekelompok subjek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu, dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (postest). Populasi dalam penelitian ini adalah 6 siswa tunarungu kelas 5 di SLB-B Pawestri Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Ranking Bertanda Wilcoxon) dengan bantuan SPSS versi 20.
Dari hasil analisis deskriptif dapat di peroleh nilai rata-rata posttest lebih besar 93,33 daripada nilai rata-rata pretest 51,67. Hasil analisis non parametric diperoleh nilai Z = -2.232 dengan P = 0,026. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi ”Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media grafis komik terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu pada materi fungsi alat-alat tubuh kelas V di SLB B Pawestri Karanganyar tahun ajaran 2014/2015” dapat diterima kebenarannya. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media grafis komik terhadap prestasi belajar IPA siswa tunarungu pada materi fungsi alat-alat tubuh kelas V di SLB B Pawestri Karanganyar tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: Media Grafis Komik, Prestasi Belajar IPA, Anak Tunarungu,

 

×
Penulis Utama : Irfan Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5110033
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh penggunaan media grafis komik terhadap prestasi belajar ipa siswa tunarungu pada materi fungsi alat-alat tubuh kelas v di slb b Pawestri Karanganyar tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5110033-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Gunarhadi, M.A. Ph.D
2. Priyono, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.