Penulis Utama : Kartiko Ari Wicaksono
NIM / NIP : E0011176
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penyelesaian perselisihan hubungan industrial melalui mediasi, untuk mengetahui proses pelaksanaan mediasi yang dilakukan oleh mediator dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial dan mengetahui hambatan yang terjadi dalam proses pelaksanaan mediasi di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer diperoleh dari wawancara dengan mediator dan data sekunder diperoleh dari studi dokumen perundang-undangan, data tertulis yang diperoleh di lokasi penelitian dan bahan hukum yang lain. Dalam menganalisis data yang telah diperoleh tersebut dipergunakan metode deduktif silogisme yaitu dengan cara berfikir pada prinsip-prinsip dasar, kemudian penelitian menghadirkan objek yang akan diteliti guna menarik kesimpulan terhadap fakta-fakta yang bersifat khusus.
Pembahasan dalam penelitian ini memberikan deksripsi tentang proses pelaksanaan mediasi yang dilakukan oleh mediator, tingkat keefektivitasan pelaksanaan penyelesaian perselisihan hubungan industrial melalui mediasi, dan  hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan mediasi. Kesimpulan dari penelitian ini proses pelaksanaan penyelesaian perselisihan hubungan industrial yang dilakukan oleh mediator saudah berjalan sesuai aturan yang berlaku, tingkat keefektivitasan pelaksanaan mediasi berada pada tingkat sedang, dan ada beberapa hambatan dalam melaksanaan mediasi.
Kata Kunci: Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, Pelaksanaan Mediasi, Efektivitas
ABSTRACT
This research aimed to find out the implementation of dispute settlement in industrial relationship through mediation, in addition it also aimed to find out the mediation implementation process the mediator undertook in resolving the dispute of industrial relationship and to find out the obstacles occurring in the mediation implementation process in Social, Labor and Transmigration Service of Karanganyar Regency.
This research employed an empirical law research that was descriptive in nature. The type and data source used primary data was obtained from interview by mediator, and secondary data was obtained from legislation document study, and written data was obtained from research location and other law material. In analyzing the data obtained, deductive syllogism method was used by thinking about basic principles, and then the writer presented the object to be studied in order to draw a conclusion on the specific facts.
The discussion of research described the mediation implementation process conducted by mediator, effectiveness level of industrial relationship dispute settlement implementation, and the obstacles found in the implementation of mediation. The conclusions of research were as follows: the process of industrial relationship dispute settlement implementation conducted by mediator had run corresponding to the enacted rule; the effectiveness of mediation implementation was on medium level; and there were some obstacles in implementing mediation.
Keywords: Industrial Relationship Dispute Settlement, Mediation Implementation, Effectiveness.

×
Penulis Utama : Kartiko Ari Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011176
Tahun : 2015
Judul : Efektivitas Penyelesaian Perselesihan Hubungan Industrial Melalui Mediasi di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0011176-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pius Triwahyudi, SH. MSi.
2. Purwono Sungkowo Raharjo ,SH.MH
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.