Penulis Utama : Purnama Siddi
NIM / NIP : S431302001
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendapatan asli daerah, belanja operasional, penggunaan utang, dan ukuran pemerintah daerah terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia. Pengukuran variabel pendapatan asli daerah (PAD), belanja operasional (BOP), dan penggunaan utang (UTANG) menggunakan nilai masing-masing variabel tersebut dalam laporan keuangan pemerintah daerah yang dibagi dengan jumlah pendapatan, sedangkan ukuran pemerintah daerah (SIZE) diproksi dengan logaritma natural dari total aset. Kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah diukur dengan skor kinerja dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang hal tersebut. Penelitian ini menggunakan data pada periode 2010-2012 untuk variabel dependen (KINERJA) dan periode 2008-2010 untuk variabel independen. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini mendukung hipotesis 1, hipotesis 2, dan hipotesis 4, yaitu: PAD (H1), BOP (H2), dan SIZE (H4) berpengaruh positif terhadap KINERJA, akan tetapi hasil penelitian ini tidak mendukung hipotesis 3, yaitu pengaruh negatif UTANG (H3) terhadap KINERJA. Hasil penelitian ini memberi bukti empiris tentang manfaat laporan keuangan pemerintah daerah dalam menjelaskan kinerja pemerintahan daerah di Indonesia.
Kata kunci: pendapatan asli daerah, belanja operasional, penggunaan utang, ukuran pemerintah daerah, kinerja

 

×
Penulis Utama : Purnama Siddi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431302001
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh pendapatan asli daerah, belanja operasional, penggunaan utang, dan ukuran pemerintah daerah terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Akuntansi-S.431302001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djuminah, M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.