Penulis Utama : Anik Safitri
NIM / NIP : F0111007
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan dan sikap petani padi lahan rawan kekeringan di Kabupaten Purworejo dalam menghadapi perubahan iklim dan untuk mengetahui pengaruh lahan, bibit, perubahan iklim, pendidikan, dan pengalaman bertani terhadap produksi padi di lahan rawan kekeringan Kabupaten Purworejo
Data yang digunakan adalah data primer yang dilakukan dengan wawancara langsung kepada para responden dan data sekunder yang berasal dari instansi pemerintahan.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling.Sampel dalam penelitian ini adalah petani di Desa Rendeng sebanyak 74 responden.Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini, pengetahuan petani di Desa Rendeng akan adanya perubahan iklim tergolong masih rendah, karena petani yang mengetahui akan adanya perubahan iklim sebesar 24%. Sikap atau upaya yang dilakukan yang paling banyak dilakukan petani padi untuk mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim adalah dengan cara merubah waktu tanam dan melakukan teknik pengolahan tanah. Variabel luas lahan, bibit, pendidikan dan pengalaman bertani berpengaruh positif terhadap produksi padi lahan rawan kekeringan Kabupaten Purworejo. Sedangkan variabel perubahan iklim berpengaruh negatif terhadap produksi padi lahan rawan kekeringan di Kabupaten Purworejo.
Kata Kunci: Luas Lahan, Bibit, Pendidikan, Pengalaman Bertani, dan Perubahan Iklim

 

×
Penulis Utama : Anik Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0111007
Tahun : 2015
Judul : Dampak perubahan iklim terhadap produksi padi pada lahan rawan kekeringan di Kabupaten Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F.0111007-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryanto, S.E., M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.