Penulis Utama : Darwati
NIM / NIP : F0111018
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lokasi wilayah rawan banjir, mengetahui nilai ekonomi mitigasi lahan pertanian rawan banjir, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar atau Willingness To Pay (WTP) mitigasi lahan pertanian rawan banjir di Kabupaten Purworejo.
Data yang digunakan adalah data primer yang dilakukan dengan wawancara langsung kepada para responden.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling.Sampel dalam penelitian ini adalah 81 petani di Desa Kedungmulyo.Analisis data menggunakan Sistem Informasi Geografi (SIG), Contingen Valuation Method (CVM) dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir semua kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo rawan banjir kecuali Kecamatan Bruno dan Kecamatan Kaligesing.Rata-rata kesediaan membayar terhadap mitigasi lahan pertanian rawan banjir antara Rp 51000 – Rp 100000. Tingkat kerugian petani rata-rata sekitar 0-35% dari produksi normal, dan penurunan produksi rata-rata sekitar Rp 0 – Rp 1000000 dari produksi normal. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel pendidikan, pekerjaan, jumlah tanggungan keluarga, harga lahan dan luas lahan berpengaruh terhadap kesediaan membayar atau Willingness To Pay (WTP) mitigasi lahan pertanian rawan banjir di Kabupaten Purworejo.
Kata Kunci: Valuasi Ekonomi, Mitigasi, WTP, Lahan Pertanian Rawan Banjir.

 

×
Penulis Utama : Darwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0111018
Tahun : 2015
Judul : Valuasi ekonomi mitigasi lahan pertanian rawan banjir Kabupaten Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F.0111018-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryanto, S.E., M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.