Penulis Utama : Yahya Restu Mukti Wijaya
NIM / NIP : K4409063
×

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) deskripsi historis Kampung Batik Kauman Surakarta, (2) potensi Kampung Batik Kauman sebagai sumber pembelajaran IPS/Sejarah dalam kurikulum 2013, (3) relevansi Kampung Batik Kauman dengan KI dan KD IPS Sejarah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu meneliti peristiwa pada masa sekarang dengan menghasilkan data-data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang tertentu atau perilaku yang dapat diamati dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Dalam penelitian ini digunakan strategi studi kasus terpancang tunggal yaitu sasaran yang akan diteliti sudah dibatasi dan ditentukan serta terpusat pada satu lokasi yang mempunyai karakteristik tersendiri. Sumber data yang digunakan adalah sumber benda, tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Penelitian ini, untuk mencari validitas data digunakan dua teknik trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yaitu proses analisis yang bergerak diantara tiga komponen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Sejarah berdirinya Kampung Batik Kauman mempunyai kaitan erat dengan Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta. Kauman berdiri bersamaan dengan berdirinya Masjid Agung Keraton sebagai pusat keagamaan pada masa PB III. Kauman adalah tempat tinggal para abdi dalem bidang keagamaan dan santrinya. Para istri abdi dalem diberi pelatihan membatik dari Keraton yang terus di budidayakan sampai sekarang. (2) Kampung Batik Kauman memiliki potensi sebagai sumber pembelajaran IPS. Budaya dan bangunan kuno di Kauman dapat dijadikan sumber pembelajaran, antara lain, Masjid Agung, Masjid Sesemen, rumah-rumah kuno, keterampilan membatik, dan masyarakat multikultural. (3) Relevansi Kampung Batik Kauman sebagai sumber pembelajaran IPS terdapat pada Kompetensi Dasar memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Hindu Buddha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.
Kata kunci : Kampung Batik Kauman, Sejarah, Sumber pembelajaran IPS

 

×
Penulis Utama : Yahya Restu Mukti Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4409063
Tahun : 2015
Judul : Kawasan kampung batik kauman sebagai sumber pembelajaran ips di smp Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4409063-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum.
2. Isawati, S.Pd, MA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.