Penulis Utama : Anwar Sambudi
NIM / NIP : K7410021
×

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014; (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014; (3) Untuk mengetahui solusi atas permasalahan yang terjadi dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan, lokasi/tempat penelitian, dan dokumen serta arsip. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) dan bola salju (snowball sampling). Sedangkan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 berjalan dengan mengacu petunjuk teknis maupun peraturan-perarutan yang sudah ditetapkan. Mulai dari menyusun strategi atau desain, mendayagunakan serta mengorganisasikan semua sumber daya yang dimiliki, melakukan monitoring atau pengawasan, pelaporan serta melakukan evaluasi berjalan sesuai dengan prosedur; (2) Kendala-kendala yang utama dari Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 adalah pagu dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang terbatas. Terbatasnya dana ini menyebabkan munculnya beberapa kendala lain, yaitu: a) sarana dan prasarana kurang maksimal; b) kegiatan keorganisasian sekolah terganggu; c) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tidak maksimal; d) fasilitas penunjang praktik siswa tidak maksimal; e) kegiatan lomba baik akademik maupun maupun non akademik terganggu; f) kesulitan untuk memberi honor pihak intern sekolah; g) anggapan bahwa pendidikan gratis adalah gratis sepenuhnya oleh orang tua siswa; h) penyusunan laporan pertanggungjawaban yang rumit; (3) Solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 yaitu: a) mengajukan proposal ke pemerintah untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana; b) mencari bantuan dari sponsor; c) memungut biaya suka rela dari siswa oleh siswa untuk siswa; d) melaksanakan kegiatan praktik dengan memaksimalkan penggunaan fasilitas yang ada; e)
selektif dalam memilih lomba yang akan diikuti serta melibatkan orangtua/wali siswa secara suka rela dalam membantu pendanaan lomba; f) sosialisasi intern tentang peruntukan dana; g) sosialisasi mengenai kebijakan pendidikan gratis kepada orangtua/wali siswa; h) mengadakan koordinasi dengan pihak intern sekolah maupun pemerintah.
Kata Kunci : Kebijakan Pendidikan Gratis, Sekolah Menengah Atas, Kualitatif

×
Penulis Utama : Anwar Sambudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7410021
Tahun : 2015
Judul : Implementasi kebijakan pendidikan gratis di sekolah menengah atas negeri se Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7410021-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutaryadi, M.Pd
2. Susantiningrum, S.Pd, S.E, M.AB
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.