Penulis Utama : Bintang Anggun Maulyda
NIM / NIP : K7111506
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan penerapan model Research Based Learning (RBL) Berbasis Pendidikan Karakter dalam peningkatan pembelajaran IPA; (2) untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model Research Based Learning (RBL) Berbasis Pendidikan Karakter; dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penggunaan model Research Based Learning (RBL) Berbasis Pendidikan Karakter dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 3 Selang tahun ajaran 2014/ 2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian TindakanKelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswakelas V SDN 3 Selang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru, siswa, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aplikasi Research Based Learning Berbasis Pendidikan Karakter dapat meningkatkan Pembelajaran IPA di Kelas V yang dilaksanakan melalui tujuh langkah yaitu: a) tahap pengenalan; b)tahap demonstrasi; c)tahap pemberian referensi; d) tahap pelaksanaan; e) tahap diskusi; f) presentasi; g) laporan akhir; (2) penerapan Research Based Learning Berbasis Pendidikan Karakter dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 3 Selang. Hal tersebut dibuktikan dengan pengamatan mengenai peningkatan hasil belajar IPA pada siklus I mencapai 39% , siklus II mencapai 93%, dan siklus III mencapai 96,5%. Selain itu, karakter yang sangat terlihat adalah kerjasama dan kejujuran, sedangkan karakter ketelitian masih perlu dikembangkan; dan (3) Kendala utama dalam penerapan Research Based Learning Berbasis Pendidikan Karakter adalah pelaksanaan percobaan dan pengerjaan LKS belum secara maksimal. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah guru lebih membimbing dan memaksimalkan kegiatan percobaan serta pengerjaan LKS. Simpulan penelitian ini adalah Aplikasi model Research Based Learning Berbasis Pendidikan Karakter jika dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Selang tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: RBL, pendidikan karakter, IPA

×
Penulis Utama : Bintang Anggun Maulyda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111506
Tahun : 2015
Judul : Aplikasi model research based learning (rbl) berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan pembelajaran ipa di kelas v sdn 3 selang tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111506-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Setyo Budi, M.Pd.
2. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.