Penulis Utama : Elok Kusuma Sari
NIM / NIP : K5111013
×

Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kepercayaan diri anak tunanetra saat berpergian dengan pendamping awas dan penggunaan tongkat pada mata pelajaran orientasi & mobilitas untuk siswa kelas III di SLB A YKAB Surakarta Tahun 2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas III SDLB A YKAB Surakarta tahun 2015 dengan jumlah 6 siswa. Pengambilan sampel penelitian dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala likert serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data non parametrik uji mann-whitney u tes dengan bantuan SPSS 22.
Hasil non parametrik diperoleh nilai Z = -1,993 pada taraf sigifikan (a) 5%, sedangkan Asymp. Sig (2-tailed) = 0,046 lebih kecil dari 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa  “ada perbandingan yang signifikan kepercayaan diri anak tunanetra saat berpergian dengan pendamping awas dan penggunaan tongkat pada mata pelajaran orientasi & mobilitas untuk siswa kelas III di SLB A YKAB Surakarta 2015”.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Anak Tunanetra, Berpergian dengan Pendamping awas dan Penggunaan Tongkat, Orientasi & Mobilitas.

 

×
Penulis Utama : Elok Kusuma Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5111013
Tahun : 2015
Judul : Perbandingan kepercayaan diri anak tunanetra saat berpergian dengan pendamping awas dan penggunaan tongkat pada mata pelajaran orientasi & mobilitas untuk siswa kelas iii di slb a ykab surakarta tahun 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5111013-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si
2. Erma Kumala Sari, M.Psi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.