Penulis Utama : Fatmawati Febrianingsih
NIM / NIP : D1812034
×

Keberadaan Perpustakaan Umum di Kabupaten Sukoharjo selayaknya dapat memberikan angin segar bagi penikmat baca di daerah Sukoharjo dan sekitarnya. Terlebih dengan terdapatnya berbagai macam jenis pelayanan yang ditawarkan oleh pihak pengurus agar mampu menarik minat pembacanya walaupun hanya untuk sekedar berkunjung atau bahkan mau berpartisipasi aktif di dalamnya. Perpustakaan yang baik dan menarik juga yang tidak membosankan adalah perpustakaan yang selalu memberikan warna baru dalam kesehariannya agar pemustaka atau pengunjung yang datang dapat merasakan kenyamanan dan tidak merasakan kejenuhannya yang akut. Di dalam pelayanan layanan anak, pustakawan harus senantiasa mampu memberikan ide ter updatenya guna dapat selalu merangsang motorik anak dan memberikan kesan menarik agar mampu memberikan kesan tersendiri pada saat berkunjung. Peran pustakawan sendiri ialah memberikan dan melaksanakan seluruh kegiatan perpustakaan dalam rangka memberikan pelayanan atau jasa terbaik kepada pengunjung. Beragam jenis pelayanan pustakawan diantaranya bertindak sebagai edukator, manajer, administrator, dan juga supervisor.
Peran pustakawan pada pelayanan anak di Perpustakaan Umum Kabupaten Sukoharjo lebih mengkhususkan diri dalam bentuk koleksi dan dengan menyediakan materi maupun aktifitas edukatif yang luas kepada anak. Namun pada perjalanannya, peran pustakawan di Perpustakaan Umum Kabupaten Sukoharjo baru mencakup sebagai edukator dan administrator saja. Sarana, prasarana, dan fasilitas di Perpustakaan Umum Kabupaten Sukoharjo pun dirasakan belum memadai untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengunjung. Kendala dalam kurangnya sumber daya manusia, kemudian fasilitas yang masih terbilang seadanya, dan ruangan yang sempit adalah beberapa contoh yang ada dilapangan.
Padahal untuk dewasa ini, perkembangan zaman semakin modern, bila dalam perjalannya terus berjalan seperti ini, bukan tidak mungkin seiring berjalannya waktu, perpustakaan di Kabupaten Sukoharjo akan mulai ditinggalkan peminat bacanya.
Keywords : (Peran, layanan yang seharusnya, kendala, dan upaya peningkatan layanan kepada pengunjung).

 

×
Penulis Utama : Fatmawati Febrianingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1812034
Tahun : 2015
Judul : Peran pustakawan dalam layanan anak di Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Perpustakaan-D.1812034-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahmat Setiawan S, S.S.,M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.