Penulis Utama : Sofa Fajarini
NIM / NIP : F3212069
×

ABSTRAK
Solo Grand Mall merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis atau dunia usaha di kota Solo. Dengan banyaknya bermunculan perusahaan bisnis yang serupa memberikan tantangan bagi manajemen untuk membangun ide-ide yang baru dengan konsep pemasaran yang modern. Manajemen SGM harus selalu menjaga relationship dengan tenant sehingga terbina hubungan mutualisme yang saling menguntungkan. Keberadaan tenant bagi Solo Grand Mall bukan hanya sebagai sumber pendapatan perusahaan saja, melainkan juga sebuah aset jangka panjang yang perlu dikelola dan dipelihara melalui Customer Relationship Management (CRM). Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Customer Relationship Management di Solo Grand Mall dalam mempertahankan loyalitas tenant dan mengetahui kendala dan solusi penerapan Customer Relationship Management di Solo Grand Mall dalam mempertahankan loyalitas tenant.
Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah studi kasus yaitu mengambil suatu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu data primer dan data sekunder.
Penerapan Customer Relationship Management (CRM) di Solo Grand Mall merupakan strategi memperoleh, mengkonsolidasi dan menganalisa data tenant dan kemudian mempergunakan untuk berinteraksi dengan tenant. Pelaksanaan aktivitas menjadi terintegrasi dan strategi menjalin hubungan dan mengenal tenant untuk meningkatkan loyalitas tenant.
Strategi penerapan CRM di Solo Grand Mall dilakukan dengan cara menciptakan lingkaran komunikasi antara CRM Solo Grand Mall dengan tenant. Dengan menggunakan data tenant yang ada dan bertanya kepada tenant tentang hal yang mereka inginkan dari Solo Grand Mall. Kendala yang dihadapi dalam penerapan CRM adalah kurangnya inovasi manajemen Solo Grand Mall dalam menjalin dan menjaga loyalitas tenant.
Saran berdasarkan penelitian ini adalah melakukan inovasi CRM untuk memberikan kepuasan pada tenant dengan tujuan loyalitas tenant dan membuat kelompok komunitas tenant dengan menggunakan sistem informasi teknologi seperti website sebagai sharing, berbagi saran dan untuk menyelesaikan masalah dengan cara berdiskusi antara tenant dengan manajemen Solo Grand Mall  yang dapat diakses kapan saja, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dengan cepat dan tepat.
Kata Kunci : Manajemen, CRM, Tenant
ABSTRACT
Solo Grand Mall is one of the companies engaged in the business or the business world in the city of Solo. With so many emerging companies of similar business challenges for management to build the new ideas with modern marketing concept. SGM management must always maintain the relationship with tenants so that nurtured mutually beneficial relationship. The existence tenant for Solo Grand Mall not only as a source of company revenue, but also a long-term asset that needs to be managed and maintained through Customer Relationship Management (CRM). The aim of this study is to investigate the implementation of Customer Relationship Management in Solo Grand Mall tenants in maintaining loyalty and knowing the constraints and implementation of Customer Relationship Management solutions in Solo Grand Mall in retaining the loyalty of tenants.
The method used in the preparation of this thesis is a case study which takes a certain object to be analyzed in depth. Data obtained through two sources of primary data and secondary data.
Application of Customer Relationship Management (CRM) in Solo Grand Mall is a strategy acquire, consolidate and analyze data tenant and then use to interact with the tenant. Implementation of activities into an integrated and strategic relationships and know the tenant to increase tenant loyalty.
CRM implementation strategy in Solo Grand Mall is done by creating a circle of communication between the CRM Solo Grand Mall with tenants. By using the data of existing tenants and tenant asked about things they want from Solo Grand Mall. Obstacles encountered in the implementation of CRM is the lack of management innovation Solo Grand Mall in establishing and maintaining the loyalty of tenants.
Advice based on this research is to innovate CRM to give satisfaction to the tenant with the aim of tenant loyalty and create community groups tenant using information systems technology such as sharing website, to share advice and to resolve problems by discussing among tenants with management to Solo Grand Mall Accessible anytime, so it can resolve problems quickly and accurately.
Keywords: Management, CRM, Tenant

×
Penulis Utama : Sofa Fajarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3212069
Tahun : 2015
Judul : Penerapan Relationship Management Solo Grand Mall Dalam Membina Hubungan dengan Tenant
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Pemasaran-F3212069-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pram Suryanadi, SE, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.