Penulis Utama : Dian Evita Nur Isnaini
NIM / NIP : K1310024
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses berpikir yang berkaitan dengan tingkat berpikir geometri Van Hiele siswa Sekolah Menengah Pertama dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung ditinjau dari kecerdasan majemuk siswa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas IX SMP Isalam Diponegoro Surakarta pada tahun ajaran 2014/2015. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil tes siswa dan hasil wawancara. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling (sample bertujuan) sebanyak 6 orang siswa yaitu 2 orang siswa dengan kecenderungan kecerdasan verbal, 2 orang siswa dengan kecenderungan kecerdasan visual-spasial dan 2 orang siswa dengan kecenderungan kecerdasan matematis-logis. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data utama diambil dari hasil wawancara berbasis tugas. Maing-masing siswa dengan kecenderungan kecerdasan dominan dari kecerdasan verbal, visual-spasial atau matematis-logis diberikan tes pemecahan masalah dan dilakukan wawancara berkaitan dengan hasil penyelesaian masalah yang dilakukan.
Hasil penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut. 1) Siswa dengan kecerdasan verbal dalam menyelesaikan masalah matematika hanya berdasarkan apa yang mereka baca, tanpa mengetahui kaitan dari setiap informasi yang diberikan dan siswa hanya dapat mencapai tingkat berpikir geometri Van Hiele sampai pada level 1. 2) Siswa dengan kecerdasan visual-spasial dalam menyelesaiakan masalah matematika membutuhkan bantuan gambar atau memvisualisasikan dalam memahami dan mengaitkan setiap informasi yang diberikan dan siswa dapat mencapai tingkat berpikir geometri Van Hiele sampai pada level 1. 3) Siswa dengan kecerdasan matematis-logis dalam menyelesaikan masalah metematika menggunakan bantuan rumus dalam mengaitkan informasi yang diberikan serta menyelesaiakan masalah dengan terperinci dan siswa dapat mencapai tingkat berpikir geometri Van Hiele sampai pada level 2.
Kata kunci: proses berpikir, kecerdasan majemuk, Van Hiele, bangun ruang sisi lengkung

 

×
Penulis Utama : Dian Evita Nur Isnaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1310024
Tahun : 2015
Judul : Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung ditinjau dari kecerdasan majemuk (Penelitian dilakukan di SMP Islam Diponegoro Surakarta tahun ajaran 2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-K.1310024-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yemi Kuswardi, S.Si, M.Pd.
2. Dhidhi Pambudi, S.Si, M.Cs
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.