Penulis Utama : Ikhwati Nurjanah
NIM / NIP : K7111088
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media grafis dalam peningkatan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Munggu tahun ajaran 2014/2015, (2) meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media grafis pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Munggu tahun ajaran 2014/2015, daan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media grafis dalam peningkatan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN Munggu Tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Munggu yang berjumlah 28 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, teman sejawat, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media grafis dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) pembentukan kelompok, (b) guru menyampaikan tujuan dan motivasi; (c) guru menjelaskan materi pelajaran menggunakan media grafis, (d) siswa berdiskusi, (e) pelaksanaan kuis menggunakan media grafis; (f) pemberian penghargaan, dan (g) penutup; (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media grafis dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran PKn Kelas IV SDN Munggu tahun ajaran 2014/2015. Proses penerapan keterampilan sosial siswa menunjukkan bahwa siswa yang tuntas pada siklus I: 61,07%; siklus II: 73,57%; dan siklus III: 96,31%. Tes hasil belajar keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran PKn menunjukkan siswa yang tuntas pada siklus I: 55,36%; siklus II: 83,93%; dan siklus III: 94,64%; (3) kendala penelitian ini adalah beberapa siswa masih gaduh saat kegiatan pembelajaran dan enggan untuk bertanya maupun menanggapi. Solusi yang dilakukan yaitu guru harus tegas menegur siswa yang gaduh dan guru memotivasi siswa supaya berani bertanya maupun menanggapi.
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media grafis dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran PKn Kelas IV SDN Munggu tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: STAD, Keterampilan Sosial, PKn

×
Penulis Utama : Ikhwati Nurjanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111088
Tahun : 2015
Judul : Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad dengan media grafis dalam peningkatan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran pkn kelas iv sdn munggu tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111088-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Suripto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.