Penulis Utama : Ari Akmal
NIM / NIP : A121208006
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Motivasi masyarakat berolahraga dalam program car free day. 2) Tujuan masyarakat terlibat dalam program car free day. 3) Manfaat dari pelaksanaan car free day. 4) Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam program car free day
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dimana dalam proses pengambilan data menggunakan cara observasi dan wawancara langsung di lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berpartisipasi dalam program car free day. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang yang diambil secara random.. Seluruh data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Program car free day sangat diminati masyarakat. Ini ditandai dengan besarnya animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam program tersebut. Bentuk-bentuk pertisipasi masyarakat ditandai dengan banyaknya ragam aktivitas di dalam program car free day. Ada yang memanfaatkan dengan berolahraga, berdagang, atau hanya sekedar jalan-jalan sambil menikmati segarnya udara pagi dan dilanjutkan dengan wisata kuliner di sekitar lokasi car free day.
Kata kunci: Partispasi dan motivasi masyarakat, kegiatan olahraga, dan program car free day.
ABSTRACT
This study aims to determine: 1) Motivation to exercise people in the car free day program. 2) The purpose of the community involved in the car free day. 3) The benefits of the implementation of car free day. 4) The forms of community participation in the program car free day.
The method used in this study is a survey method in which the process of data collection using direct observation and interviews in the field. The population in this study is the people who participate in car free day program. The samples in this study were 20 people taken at random .. All the necessary data in this study was obtained through observation and interviews. Data analysis techniques used in this research is the data collection, data reduction, data display, verification and confirmation conclusions.
Based on the results of research conducted can be summarized as follows: car free day program is very interested in the community. It is characterized by the amount of interest the public to participate in the program. Forms of public participation is characterized by the many kinds of activity in the car free day program. There is a harness with exercising, trade, or just a walk while enjoying the fresh morning air and continued with culinary travel around the location of the car free day.
Keywords: community participation and motivation, sports activities, and car free day program.

×
Penulis Utama : Ari Akmal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121208006
Tahun : 2015
Judul : Partisipasi dan Motivasi Masyarakat pada Kegiatan Olahraga dalam Program Car Free Day di Kota Makassar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Ilmu Keolahragaan-A121208006-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Prof. Dr. H.M. Furqon H, M.pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.