Penulis Utama : Nur Cahyani
NIM / NIP : K4611089
×

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar lempar cakram awalan menyamping pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 jatiyoso tahun ajaran 2014/2015 melalui penggunaan modifikasi alat pemebelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa VIII D SMP Negeri 1 Jatiyoso tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa putra dan 14 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian gerak lempar cakram awalan menyamping. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase.
Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari data awal ke siklus I. Pada data awal siswa yang memenuhi KKM 75 pada pembelajaran lempar cakram awalan menyamping sebesar 62,5% atau 20 siswa. Dan siswa yang belum tuntas sebesar 37,5% atau 12 siswa. Pada siklus I, hasil belajar lempar cakram awalanmenyamping setelah dilakukan tindakan melalui penggunaan modifikasi alat pembelajaran yang tuntas sebesar 75% atau 24 siswa sedangkan yang belum tuntas 25% atau 8 siswa dari jumlah siswa 32 dengan KKM 75. Pelaksanaan siklus II yang merupakan upaya perbaikan dari pelaksanaan siklus I yang dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih inovatif, efektif, efisien dan menyenangkan sehingga bisa mendukung pembelajaran yang berkualitas dan dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram awalan menyamping yaitu sebesar 87,5% atau 28 siswa yang tuntas dan yang belum tuntas sebesar 12,5% atau 4 siswa dari 32 siswa dengan KKM: 75.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan modifikasi alat pembelajaran lempar cakram dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram awalan menyamping pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Jatiyoso Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata kunci : hasil belajar, modifikasi alat pembelajaran, lempar cakram awalan menyamping.

 

×
Penulis Utama : Nur Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4611089
Tahun : 2015
Judul : Upaya meningkatkan hasil belajar lempar cakram awalan menyamping melalui modifikasi alat pembelajaran pada siswa kelas viii d smp negeri 1 Jatiyoso tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4611089-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Sunardi, M.Kes
2. Waluyo, S.Pd, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.