Penulis Utama : Rinatun Nafiah
NIM / NIP : R0312100
×

Latar Belakang dan Tujuan : Di RSUD Karanganyar ibu bersalin yang mengalami partus lama sebesar 23,5 % (180) dari total 765 persalinan. Tujuan dari studi kasus ini yaitu untuk mempelajari dan memahami asuhan kebidanan pada ibu bersalin dengan partus lama di RSUD Karanganyar.
Metode : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ibu bersalin G1P0A0 dengan Partus lama. Tempat : RSUD Karanganyar. Cara pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumen rekam medik. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasar 7 langkah Varney.
Hasil : Ny.S G1P0A0bersalin dengan partus lama, ibu tampak cemas dan gelisah. Ibu diberikan akselerasi oksitosin, injeksi amoxycilin 1 gr/IV dan dilakukan pengawasan serta observasi persalinan. Ibu melahirkan secara normal, tidak terjadi kegawatdaruratan pada ibu dan janin.
Kesimpulan : Ny.S G1P0A0 bersalin dengan partus lama. Mendapatkan akselerasi oksitosin dan injeksi amoxycilin 1 gr/IV. Ibu melahirkan secara normal, tidak terjadi kegawatdaruratan pada ibu dan janin, namun dalam pelaksanaan terjadi kesenjangan yaitu observasi kurang ketat dan perawatan bayi baru lahir yakni tidak diberikan tetes mata antibiotik profilaksis.

Kata Kunci : asuhan kebidanan, ibu bersalin, partus lama

×
Penulis Utama : Rinatun Nafiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0312100
Tahun : 2015
Judul : Asuhan kebidanan ibu bersalin pada ny. S g1p0a0 Umur 23 tahun dengan partus lama di rsud Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : D-3 Kebidanan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D III Kebidanan-R.0312100-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Soetrisno, dr., Sp.OG (K),
2. Sri Mulyani, S.Kep., Ns,.M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.