Penulis Utama : Arifin Ahmad Adli Siregar
NIM / NIP : G0011038
×

Latar Belakang: Pencapaian kompetensi Blok Imunologi merupakan hal penting karena termasuk dalam standar kompetensi dokter. Salah satu metode pembelajaran di dalam  Blok Imunologi adalah kuliah penunjang. Tujuan penelitian ini adalah mencari keterkaitan input, proses dan output kuliah penunjang terhadap pencapaian kompetensi Blok Imunologi.
Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik sampling secara purpossive sampling. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret semester tiga. Informasi pada input, proses dan output perkuliahan penunjang dilakukan dengan wawancara lima orang mahasiswa dan sepuluh mahasiswa mengikuti FGD. Analisis data  dalam penelitian ini dengan cara thematic content analysis.

Hasil Penelitian: Penelitian ini menemukan keterkaitan antara input, proses dan output. Kompetensi mahasiswa pada Blok Imunologi dipengaruhi oleh ketersediaannya dan kualitas infrastuktur, kurikulum perkuliahan, pendjadwalan serta kemampuan komunikasi dosen dalam kelas.

Simpulan Penelitian: Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa terdapat beberapa permasalahan pada tahap input,  proses dan output  dari kuliah penujang di Blok Imunologi. Perbaikan dari aspek-aspek tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa pada Blok Imunologi

Kata Kunci: kuliah penunjang, pengajaran blok, input, proses, output, blok imunologi, kompetensi, mahasiswa kedokteran

 

×
Penulis Utama : Arifin Ahmad Adli Siregar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011038
Tahun : 2015
Judul : Keterkaitan input, proses dan output kuliah penunjang dengan pencapaian kompetensi blok imunologi mahasiswa program studi kedokteran fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0011038-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ari Natalia Probandari, dr., MPH, Ph.D
2. Lukman Aryoseto, dr
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.