Penulis Utama : Ines Aprilia Safitri
NIM / NIP : G0011115
×

Latar Belakang: Prevalensi perokok pasif masih cenderung mengalami peningkatan seiring dengan peningkatan prevalensi perokok aktif. Sebagian besar perokok pasif yang terpapar di rumah dan lingkungan sosial adalah mahasiswa. Paparan asap rokok dapat menyebabkan gangguan pada organ tubuh terutama sistem kardiovaskular dan respirasi. VO2max dianggap sebagai parameter terbaik untuk mengukur kemampuan kardiorespirasi seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat paparan pada perokok pasif dengan Volume Oksigen maksimal (VO2max) pada remaja usia 19-24 tahun

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada Mei 2015. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 72 perokok pasif usia 19-24 tahun Mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang dibagi menjadi kelompok paparan sedang dan paparan tinggi. Pengambilan data responden dilakukan dengan pengisian angket dan wawancara sederhana, VO2max diukur menggunakan metode Mc Ardle Step Test. Analisis statistik menggunakan uji Chi Square melalui program SPSS 22 for Windows.

Hasil Penelitian: Hasil menunjukkan bahwa perokok pasif lebih banyak pada kalangan perempuan. Sebagian besar sampel memiliki VO2max baik yaitu sebanyak 37.5% pada paparan sedang dan 23.6% pada paparan tinggi, sampel dengan VO2max cukup sebanyak 8.3% pada paparan sedang dan 15.3% pada paparan tinggi, sedangkan sampel dengan VO2max kurang sebanyak 11.1% pada paparan sedang dan 4.2% pada paparan tinggi. Hasil uji Chi Square untuk hubungan antara tingkat paparan pada perokok pasif dengan Volume Oksigen maksimal (VO2max) pada remaja usia 19-24 tahun menunjukkan nilai p = 0.095.
 
Simpulan Penelitian: tidak terdapat hubungan antara tingkat paparan pada perokok pasif dengan Volume Oksigen maksimal (VO2max) pada remaja usia 19-24 tahun.

Kata Kunci: perokok pasif, volume oksigen maksimal

×
Penulis Utama : Ines Aprilia Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011115
Tahun : 2015
Judul : Hubungan antara tingkat paparan pada perokok pasif dengan volume oksigen maksimal (vo2max) pada remaja usia 19-24 tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0011115-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arif Suryawan, dr
2. Bagus Wicaksono, Drs., M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.