Penulis Utama : Septian Sugiarto
NIM / NIP : G0011195
×


Latar Belakang : Problem Based Learning (PBL) telah digunakan secara luas dalam institusi kedokteran. Salah satu kunci keberhasilan metode PBL adalah Self Directed Learning (SDL) atau kemandirian belajar. Dalam implementasinya, setiap mahasiswa memiliki kemampuan SDL yang berbeda-beda sehingga hal ini akan memengaruhi hasil pembelajarannya yang tercermin dari nilai ujian blok yang didapat. Ujian blok adalah penilaian hasil belajar yang harus didasarkan pada tujuan pembelajaran dan pencapaian kompetensi sesuai dengan standar kompetensi dokter.

Metode Penelitian : Pada November 2014 dilakukan penelitian dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling berjumlah 254 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa semester I program studi kedokteran Universitas Sebelas Maret. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson.

Hasil :  Penelitian ini menunjukkan bahwa antara tingkat kemandirian belajar dengan nilai ujian blok yang didapat memiliki hubungan yang bermakna, dengan uji korelasi Pearson didapatkan nilai p lebih dari 0,05 (p = 0,217)
.
Simpulan : Terdapat hubungan antara tingkat kemandirian belajar dengan nilai ujian blok pada mahasiswa semester I Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.    

Kata Kunci :  tingkat kemandirian belajar, nilai ujian blok, mahasiswa kedokteran

×
Penulis Utama : Septian Sugiarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0011195
Tahun : 2015
Judul : Hubungan tingkat kemandirian belajar dengan nilai ujian blok pada mahasiswa semester i program studi kedokteran fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0011195-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sinu Andhi Yusuf, dr., M.Kes.
2. Hardjono, Drs., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.