Penulis Utama : Arni Kusumaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengujian efisiensi pasar bentuk setengah kuat secara infromasi : analisis penawaran umum perdana di bursa efek jakarta (1999-2002)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200026-2004
Subyek : BURSA EFEK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Informasi merupakan kebutuhan yang mendasar bagi para investor dalam pengambilan keputusan. Di pasar modal banyak sekali informasi yang dapat dimanfaatkan. Salah satu informasi yang tersedia adalah penawaran umum perdana. Penelitian ini berusaha untuk melakukan pengujian efisiensi pasar bentuk setengah kuat secara informasi dengan menganalisis penawaran umum perdana di Bursa Efek Jakarta (BEJ) periode 1999 sampai dengan 2002.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kandungan informasi dalam peristiwa penawaran umum perdana (2) untuk mengetahui reaksi pasar terhadap peristiwa penawaran umum perdana (3) untuk mengetahui fenomena underpriced pada emisi saham perdana di Bursa Efek Jakarta (4) untuk mengetahui efisiensi pasar Bursa Efek Jakarta bentuk setengah kuat secara informasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan event study (studi peristiwa) dengan melihat nilai abnormal return selama periode peristiwa.. Penghitungan expected return saham dilakukan dengan metode market adjusted model. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 78 perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana pada tahun 1999 – 2002. Teknik  analisis data yang digunakan adalah pengujian abnormal return dengan uji t, level of signifikan  = 1%, 5% dan 10%.

Berdasarkan perhitungan uji t yang dilakukan diketahui bahwa terdapat kandungan informasi dalam peristiwa penawaran umum perdana, dilihat dari reaksi pasar yang signifikan positif pada hari pertama perdagangan saham perusahaan IPO. Reaksi ini menghasilkan rata-rata abnormal return sebesar 0,593494, dengan nilai t-hitung 6,651063, signifikan pada 1%. Selama 30 hari penawaran umum perdana di Bursa Efek Jakarta, pasar bereaksi secara signifikan positif langsung pada hari pertama perdagangan. Hal ini berarti bahwa pasar bereaksi secara cepat karena para investor segera memproses informasi penawaran perdana tersebut dan menggunakannya untuk memperoleh abnormal return. Fenomena  underpriced   pada emisi saham perdana juga berlaku di Bursa Efek Jakarta, dilihat dari nilai abnormal return positif yang signifikan pada 1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Bursa Efek Jakarta selama periode 1999-2002, telah efisien setengah kuat secara informasi.

 

Kata kunci : event study, Penawaran Umum Perdana, market adjusted model, abnormal return

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis