Penulis Utama : Abram Vivian Nugroho
NIM / NIP : S4311001
×

ABSTRAK
Manajemen  mempunyai  informasi  akurat  mengenai  nilai  perusahaan yang  tidak diketahui oleh  investor luar, sehingga  jika  manajemen  menyampaikan  suatu  informasi  ke pasar  maka  informasi tersebut  akan  direspon   oleh  pasar  sebagai  suatu   sinyal  adanya  peristiwa  tertentu  yang  dapat  mempengaruhi  nilai perusahaan.      Reaksi  pasar  atas  informasi yang disampaikan oleh  perusahaan ditunjukkan dengan  adanya  perubahan  harga  saham  perusahaan  yang  bersangkutan.. Reaksi pasar terhadap praktek manajemen laba akan positif jika manajemen  laba  mengisyaratkan  kondisi  perusahaan yang lebih baik, dan sebaliknya, pasar akan memberikan  reaksi negatif  jika manajemen  laba mengisyaratkan kondisi perusahaan yang lebih buruk.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  pengaruh  praktek manajemen   laba terhadap reaksi pasar atas pengumuman informasi  laba  perusahaan  manufaktur  di bursa efek Indonesia tahun 2009-2013. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan  71 perusahaan yang telah masuk dalam kriteria sampel tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software computer untuk statistik SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa manajemen laba secara parsial berpengaruh terhadap reaksi pasar (cumulatif abnormal return) sedangkan LogAsset  Cfvar dan Growth tidak dapat dijadikan sebagai variabel kontrol. Nilai adjusted R2 sebesar 0,0190 hal ini menunjukkan bahwa sebesar 1,90 % variasi dari cumulatif abnormal return dapat diterangkan oleh variabel manajemen laba, Cfvar, Growth dan LogAsset sedangkan 98,10% diterangkan oleh variabel lain yang  tidak masuk  dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Manajemen Laba, cumulatif abnormal return, LogAsset, Cfvar, Growth.

×
Penulis Utama : Abram Vivian Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S4311001
Tahun : 2014
Judul : Pengaruh Praktik Manajemen Laba terhadap Reaksi Pasar Atas Pengumuman Informasi Laba Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2014
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Akuntansi-S4311001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://0
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. DR. Rachmawati,M.Si,Ak
Penguji :
Catatan Umum : 0
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.