Penulis Utama : Diska Mega Vita Damayanti
NIM / NIP : S841308009
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) pembelajaran keterampilan berbicara BIPA, 2) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran BIPA, 3) upaya untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran BIPA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik dengan bentuk studi kasus terpancang. Informan dalam penelitian ini adalah koordinator perencanaan, pengajar, dan siswa.Teknik cupklikan yang digunakan adalah purposive sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mandalam, observasi, dan analisis dokumen. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Data penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian sebagai berikut: 1)pembelajaran pada materi keterampilan berbicarayang dilakukan pengajar senantiasa menghubungkan kegiatan dan bahan ajar dengan situasi nyata, yang dapat memotivasi siswa untuk menghubungkan pengetahuan dan terapannya dengan kehidupan sehari-hari,pengajar lebih sering menggunakan model contextual teaching learning, pembelajaran keterampilan berbicara sudah mengarah pada kemampuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia pembelajar, baik itu formal ataupun non formal, 2) kendala-kendala dalam pembelajaran BIPA disebabkan oleh: a) penempatan peserta didik yang kurang sesuai sehingga tidak berimbang pemahaman bahasanya, b) masih kurangnya pemahaman budaya pembelajar, c) minat dan motivasi pembelajar masih kurang, d) terdapat materi yang hanya berpusat pada mahasiswa KNB, 3) upaya yang dilakukan pengajar untuk mengatasi kendala-kendala pembelajaran BIPA yaitu dengan membuat variasi pada metode, model, dan materi pembelajaran,, memberikan materi yang bersinggungan dengan budaya-budaya di Indonesia, memberikan motivasi pada pembelajar secara intens, dan menyiapkan berbagai macam materi dalam setiap proses pembelajaran.
Kata kunci: pembelajaran, bahasa Indonesia bagi penutur asing.
ABSTRACT
This research is aimed to describe and explain: 1) BIPA speaking skill learning, 2) obstacles faced in BIPA learning, 3) efforts to solve the obstacles in BIPA learning. This is a naturalistic qualitative research in the form of naturalistic shape stuck case study. The informants of this research were the planning coordinator, the teachers, and the learners. The sampling technique used was purposive sampling. The data were collected by in-depth interview, observation, and document analysis. The data validity test was done through data source triangulation and method triangulation.
The research data were analyzed by using interactive analysis model. The results of the research were: 1) the learning process in speaking skill materials was presented by relating learning material and activities with actual situation which could motivate the learners to relate the knowledge and its implementation in daily life, the teachers usually used contextual teaching learning model, the speaking skill learning had been focused to develop the learners’ ability in using bahasa Indonesia, both formally and informally, 2) the obstacles in BIPA learning were caused by: a) inappropriate placement of the learners that they had different knowledge and ability in using the language, b) lack of Indonesian culture understanding, c)lack of interest and motivation, d) some materials which were focused only for KNB students, 3) the efforts done by the teachers to solve the obstacles were developing various methods, models, and learning materials, presenting materials which had Indonesian culture content, giving motivation to the learners intensively, and preparing various materials in every learning process.
Key Words: learning, bahasa Indonesia for foreign speakers

×
Penulis Utama : Diska Mega Vita Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841308009
Tahun : 2015
Judul : Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Mahasiswa Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Pendidikan Bahasa Indonesia-S841308009-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M. Pd.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.